‘Road Show’ Seleksi SGI, DD Sumsel Silaturahim ke FKIP Unsri

Salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas belajar siswa adalah guru. Semakin bagus kualitas guru mengajar maka akan simetris dengan kualitas siswanya, pun begitu juga sebaliknya. Beragam pendekatan pun dilakukan dalam kerangka peningkatan kualitas guru.

Dompet Dhuafa melakukan intervensi dalam dunia pendidikan melalui program pelatihan guru. Salah satunya program Sekolah Guru Indonesia (SGI). Program pelatihan guru dengan pendekatan model pembelajaran kreatif, inovatif dan lebih atraktif.

Saat ini, proses seleksi SGI tersebut tengah berlangsung yakni sejak 1 Maret hingga 11 April 2016. Terkait dengan hal tersebut manajemen Dompet Dhuafa Sumsel berencana akan melakukan road show ke beberapa institusi pendidikan. Tujuannya adalah guna memperluas informasi program guna semakin banyak calon peserta yang dapat terjaring.

Road show perdana dilakukan dengan melakukan lawatan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya, pada Jumat (4/3/2016). Dalam kesempatan tersebut, rombongan dipimpin langsung oleh Pimpinan Cabang DD Sumsel Defri Hanas ditemani oleh dua orang dari SGI yang juga sekaligus fasilitator program SMT, Andiwijaya dan Desty Rina Purnamasari.

Rombongan diterima Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Dr. Riswan Jaenudin, M Pd dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Drs. Syarifuddin Gani, M Si di gedung Dekanat FKIP Unsri Inderalaya.

Lawatan tersebut berisikan agenda memperkenalkan mengenai SGI sekaligus menjelaskan mengenai rencana rekrutmen SGI yang telah memasuki angkatan ke-21 tersebut.

“Proses SGI saat ini telah dibuka pendaftarannya pada awal Maret hingga tanggal 11 April mendatang. Seleksi sendiri akan dilaksanakan secara nasional dan Sumsel menjdi salah satu wilayah seleksi”, sampai Defri.

Yang baru pada angkatan ke-21 ini, sambung Defri, adalah selain mendapatkan perkuliahan dan penempatan di daerah selama 1 tahun, “Para alumni SGI ini akan langsung mendapatkan gelar Pasca Sarjana dari UIN Syarif Hidayutullah Jakarta”.

Dukungan pun mengalir dari pihak dekanat FKIP Unsri. Menurut Syariffudin, pihaknya mendukung penih program SGI tersebut dan akan membantu merekomendasikan alumni terbaiknya agar mengikuti seleksi serta mendorong mahasiswa terbaik untuk segera mengikuti sidang akhir.

Di luar agenda SGI, pihak Dekanat juga berkeinginan menyambung sinergi dengan DD Sumsel untuk dapat membantu mahasiswa kurang mampu di lingkungan FKIP Unsri.

Program SGI merupakan program pelatihan guru yang diperuntukkan bagi lulusan sarjana dengan batas usia 25 tahun dengan latar belakang pendidikan semua jurusan. Pada tahun 2016 ini program SGI sudah masuk di angkatan ke 21, semenjak dimulai perdana pada tahun 2006 lalu. (Wan/KJ-04)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter