Profil DOMPET DHUAFA SUMATERA SELATAN

Sejarah Berdiri LAZDA DSIM sampai menjadi DOMPET DHUAFA SUMATERA SELATAN
Tahun 1999

Keinginan yang kuat dari segelintir mahasiswa Universitas Sriwijaya (UNSRI) untuk berbuat sesuatu yang baik dalam hal sosial terutama dengan melihat potensi zakat yang ada di Palembang, maka dikirimlah beberapa orang untuk melakukan study banding dan mendalami ilmu tentang dunia perzakatan di Jakarta dan Bandung yaitu di Dompet Dhuafa Republika, Dompet Sosial Umul Quro’, dan Pos Keadilan Peduli Ummat

 

 Tahun 2000 s.d 2001

Melalui Yayasan Insan Mulia merintis kegiatan pengumpulan zakat yang merupakan cikal bakal berdirinya lembaga amil zakat Dompet Sosial Insan Mulia. Perintisan ini mendapatkan dukungan dari Yayasan Insan Mulia dan Yayasan Ma’haq Izzuddin. Program utama yang dilakukan adalah aksi sosial dan pembagian kurban. Untuk menjalankan aktivitas administrasi dipinjamkanlah sebuah ruangan ukuran 2,5 x 1,5 M di sekretariat Masjid Mushaf bin Ummair di Ma’had Izzuddin.
 
 

5 September 2002

Dikeluarkanlah Akta Yayasan Lembaga Amil Zakat Dompet Sosial Insan Mulia  Nomor 3 dengan Notaris H. Zulkifli Sitompul, SH

 

23 Desember 2002

Tidak membutuhkan waktu yang lama sejak dikeluarkannya Akta Yayasan Lembaga Amil Zakat Dompet Sosial Insan Mulia, DSIM mendapat pengukuhan dari Gubernur Sumatera Selatan sebagai lembaga Amil Zakat Daerah dengan SK Nomor : 586/KPTS/V/2002

 

Maret 2003

Sejak dikukuhkan sebagai lembaga Amil Zakat Daerah Sumatera Selatan oleh Gubernur Sumatera Selatan, kiprah DSIM sebagai lembaga zakat semakin meningkat, ini terbukti dengan penandatangan MoU antara DSIM dengan BAZIS BAMAS PT. Telkom Sumbagsel, dan sebagai bentuk apresiasi dari BAZIS BAMAS PT. Telkom Sumbagsel, DSIM diperbolehkan menempati secretariat BAZIS BAMAS PT. Telkom Sumbagsel yang terletak di MAsjid BAitul Mi’raj Komplek PT. Telkom Sumbagsel di Jl. Kapt. A. Rivai Palembang untuk aktivitas DSIM, baik dari sisi administrasi, pelayanan dan sebagainya, dan sejak itu seluruh aktivitas DSIM dijalankan di sana, dan untuk yang di Izzuddin di tutup. Dan program yang digulirkan adalah program Madrasah Ummat yaitu program yang membina para dhuafa terutama abang becak untuk dibina secara mental dan spiritualnya di wilayah palembang.

 
November 2003

DSIM menggulirkan program kesehatan dengan meluncurkan klinik kesehatan pertama di wilayah Tangga Buntung (Jl. Pangeran Sido Ing Lautan No.1010) dengan nama “klinik Ummat” bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI)

 

31 Mei 2004

DSIM bergabung dengan Dompet Dhuafa Republika sebagai Jejaring Pengelola Zakat (JPZ)

 

Tahun 2006

Sebagai upaya pengembangan pendayagunaan Zakat oleh DSIM, DSIM menyewa sebuah rumah yang digunakan untuk pelayaan program yang diberi nama “Graha Layanan Terpadu DSIM”. Di graha ini DSIM telah mengembangkan program-program yang ada dengan menbagi menjadi 3 program regular yaitu Madrasah Ummat sebagai basis program pemberdayaan ekonomi, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma sebagai basis program kesehatan, dan Layanan Masyarakat dan Pengembangan Insani sebagai basis program pendidikan dan layanan konsumtif masyarakat. Di graham ini juga sebagai klinik kesehatan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC).

 

Juni 2006

Pertama kalinya DSIM mengirimkan 2 orang siswa yang baru tamat sekolah Dasar untuk bersekolah di Smart Excelensia Dompet Dhuafa di Parung Bogor

 

Tahun 2007

Terbentuklah DSIM Cabang Kayu Agung

 

Maret 2008

Secara bertahap seluruh aktivitas pelayanan DSIM dipindahkan di gedung baru DSIM yaitu di Ruko Jl. Angakatan 66 No.435 C Kemuning Palembang.

 

5 Februari 2011

Untuk pertama kalinya pergantian kepemimpinan DSIM dari Bapak Adi Apriliansyah, SE  kepada Bapak Taufik Hidayat, ST. dan diharapkan pergantian ini membawa perubahan yang pesat bagi kemajuan DSIM.

 

29 Maret 2011

Yayasan Lembaga Amil Zakat Dompet Sosial Insan Mulia melakukan perubahan atas akta yayasan dan perubahan atas nama yayasan menjadi “Yayasan DSIM Palembang” dengan Akta perubahan nomor 67 tanggal 29 Maret 2011 dengan Notaris Halida Shary, SH.

Januari 2013

Yayasan DSIM Palembang bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika meresmikan Dompet Sosial Insan Mulia (DSIM) menjadi Dompet Dhuafa Sumatera Selatan.