Pekan ASI Dunia, LKC Dompet Dhuafa Sumsel Gelar Lomba Hingga Demo Masak MPASI

Palembang – Aliansi Dunia untuk Aksi Menyusui atau World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) resmi menyatakan tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai pekan ASI atau World Breastfeeding Week yang bertujuan untuk menyadarkan para orangtua terkait segudang manfaat dari proses menyusui.

Menurut WHO, dua dari tiga anak di dunia tidak mendapat ASI dari ibunya. Sebagian dokter dan bidan menyarankan agar ibu memberikan ASI selama enam bulan penuh. Lantaran antibodi yang terkandung dalam ASI mampu meningkatkan imunitas bayi terhadap kuman dan virus. Artinya si Kecil jadi tidak mudah terjangkiti penyakit karena daya tahan tubuh yang kuat berkat ASI.

Tidak hanya itu saja, dilansir dari DNA India bahwa pemberian ASI pada bayi mampu meminimalisir bahkan nol risiko mengalami gangguan pernapasan, infeksi telinga, dan diare. Bahkan ASI mengurangi potensi terkena asma dan alergi. Sementara bagi ibu, aktivitas menyusui memberikan benefit, yakni mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium.

Pada tahun ini, WABA mengusung tema “step up breastfeeding: educate and support” yangmana LKC Dompet Dhuafa juga ikut berpartisipasi dengan mengusung tema “Melindungi, Memfasilitasi dan Pemberian Dukungan Penuh untuk Kesuksesan Pemberian ASI di Indonesia”.

LKC Dompet Dhuafa Sumsel telah melaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya

  1. Lomba Kader Cerdas Se Indonesia pada tanggal 4 Agustus yang diikuti oleh 6 perwakilan kader cempaka dan 4 perwakilan kader lahat.
  2. Radio Talkshow bersama RRI Pro 1 Palembang tanggal 5 Agustus,
  3. Konsultasi Menyusui tgl 6 agustus yang langsung mendatangkan konsultan menyusui dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) yakni Ibu Selvi Adelia, Am.Keb.
  4. Apresiasi Ibu-Bayi ASI Eksklusif 6 agustus 2022 yang pada kegiatan kali ini LKC Dompet Dhuafa berkesempatan memberikan 7 bingkisan apresiasi kepada ibu-ibu yang sudah berhasil memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya dengan kategori bayi yang masih berusia dibawah 24 bulan.
  5. Demo Masak MPASI pada tanggal 6 Agustus 2022

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya pemberian ASI baik bagi ibu, bagi anak dan keluarga serta meningkatkan kepedulian dan komitmen masyarakat dalam mendukung dan melindungi ibu menyusui.

“Peserta sangat antusias dan dapat mengikuti kegiatan hingga selesai, berlangsungnya kegiatan ini diharapkan menjadi satu titik perubahan dalam rangka menyiapkan generasi yang sehat dan kuat di masa datang.” Ungkap Kartini selaku pelaksana program kesehatan Dompet Dhuafa Sumsel. (Ahb)

bagikan ke >>

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter