Pos Sehat DD Sumsel Resmi Berdiri di Jalur 20 Banyuasin

Harapan masyarakat Desa Sumber Makmur Jembatan III Jalur 20 Kecamatan Muara Padang Banyuasin untuk memiliki pusat pelayanan kesehatan sendiri akhirnya terwujud. Lokasi yang terpencil dan paling tidak harus ditempuh melalui jalur air selama dua jam atau jalan darat selama tiga jam, tidak menyurutkan niat Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan untuk menyelenggarakan program Pos Sehat pada Senin (4/11). Sebuah perwujudan keinginan sederhana untuk mempermudah masyarakat dhuafa dalam mengakses layanan kesehatan yang layak.

Dalam sambutannya, Drs Mulyono selaku Camat Muara Padang mengaku sangat gembira dan bersyukur atas kehadiran Pos Kesehatan Muhajirin yang diprakarsai DD Sumsel tersebut. “Bagaimanapun, kesehatan telah menjadi satu kebutuhan mendasar. Saya pernah mengalami masalah kesehatan, terancam penyakit stroke. Tapi alhamdulillah dengan perawatan kesehatan sekaligus disempurnakan dengan terapi shalat tahajud dan shalat lima waktu, alhamdulillah hari ini kembali sehat seperti sediakala”, ujarnya sambil menceritakan kembali kilas balik kesehatan dirinya.

Ia berharap, semoga pos sehat yang diberi nama Pos Sehat Muhajirin-DD Sumsel ini bisa menjadi percontohan untuk daerah lainnya di Kecamatan ini. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa semua pelayanan yang ada di Pos Sehat ini berasal dari zakat, infak dan sedekah. “Jadi bapak dan ibu jangan sungkan berinfak untuk sesama, semua ini untuk kita semua”, ia memotivasi.
Beberapa tokoh masyarakat hadir dalam kegiatan tersebut selain Camat Muara Padang Drs Mulyono, yakni Sekretaris Desa Sumber Makmur Sunarto, Dessi Arisanti Pimpinan Cabang DD Sumsel, Ustadz Usman Said selaku mubaligh yang membina daerah tersebut, Pemimpin Pesantren Al Muhajirin H Abdul Manan, S Ag.

Lokasi Pos Sehat DD Sumsel itu sendiri berada dalam lingkungan Pondok Pesantren Al Muhajirin. Hal ini pula yang mendasari pertimbangan dari pihak DD Sumsel. “Sebelumnya kita telah datang ke sini (28/8). Dan pada waktu itu memang ada permintaan dari warga untuk mendirikan semacam pelayanan kesehatan. Setelah melakukan serangkaian analisa, maka DD Sumsel mengambil keputusan untuk mendirikan Pos Sehat di Desa Sumber Makmur ini. Apalagi kesulitan akses masyarakat untuk berobat,” terang Agus Wandi selaku Head of Fundraising Corporate DD Sumsel yang turut ambil bagian dalam kegiatan bertajuk “Indonesia Sehat, Indonesia Berdaya” tersebut.

Apalagi menurutnya, tempat yang ditunjuk sekarang cukup strategis. “Ada wilayah masjid yang sekaligus sekolah. Biar komplit ditambah dengan layanan kesehatan,”ujarnya.
Sementara itu salah seorang warga Desa Sumber Makmur melalui akun media sosial mengungkapkan rasa gembiranya. “Selamat datang di desa kami. Terima kasih atas sumbangsihnya. Semoga bermanfaat buat semua. Karena di desa kami ini sangat sulit tenaga kesehatan “Dokter” paling hanya ada bidan. Dokter kadang ada..” ujarnya melalui akun Facebook bernama Alfadhli Baelah. (*/KJ-04)


bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter