#Zakat360, Buka Belenggu Kemiskinan

Palembang, DD Sumsel – Ramadhan 1438 H tahun ini, Dompet Dhuafa secara nasional mengambil tema #Zakat360. Tema yang cukup unik, mengingat Dompet Dhuafa selama ini jarang sekali menggunakan angka dalam temanya.

Tak heran jika kemudian publik, menjadi bertanya-tanya, apakah gerangan yang dimaksud dengan Zakat 360 ini? Apakah ini mewakili jumlah hari dalam setahun, yang dibulatkan dari 365 menjadi 360? Ataukah ada hubungan dengan teknologi kamera 360 yang bisa mengambil gambar bersudut luas sebesar 360o  – seperti yang telah dipakai dalam mobil Google street atau kamera add-on Samsung?

Meski tidak identik, namun penyematan angka 360 ternyata ‘satu ideologi’ dengan teknologi di atas. Yakni memberikan view komprehensif dalam memandang permasalahan dan menyiapkan solusi yang total.

Kusworo Nursidik

“Zakat 360 bermakna, Dompet Dhuafa terus berjuang menyempurnakan kunci  untuk  membuka  belenggu kemiskinan”, ujar H Kusworo Nursidik, Lc, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Senin (29/5/2017).

Menurutnya, zakat 360 ini adalah memastikan bahwa DD Sumsel bergerak ke seluruh arah, membantu menyiapkan akses kaum dhuafa terhadap sumber daya. Agar mereka berdaya dan kemiskinan melemah.

“Sedangkan keluar, kita mengkampanyekan ajakan kepada kita semua untuk semakin menyadari hak harta kita, dan menunaikannya ke kanal zakat, infak dan wakaf melalui lembaga. Tidak sporadis, tidak sendiri-sendiri,” tambah Pak Kus, demikian sapaan akrabnya.

Jadi, di dalam kampanye Zakat 360 ini, DD Sumsel mempunyai semangat menyeluruh, baik ke dalam maupun keluar.

Selain itu, tujuan utama dari kampanye ini adalah bagaimana memutus belenggu kemiskinan.

“Itulah mengapa, untuk visual desiannya, kita menggunakan anak kunci. Yang mempunyai arti tersirat, bahwa zakat diharapkan dan sudah seharusnya menjadi solusi bagi kemiskinan dan membuka belenggu akses bagi kaum dhuafa”, paparnya lagi.

Untuk itu, demi memanfaatkan momentum  Ramadhan 1438 H kali ini, ia mengajak kepada para donatur untuk terlibat.

“Dompet Dhuafa mengajak kita semua berjamaah menjadi kunci pembuka bagi belenggu kemiskinan. Kita  bentangkan akses orang-orang miskin terhadap sumberdaya, agar mereka mampu mengelolanya”, ajaknya.

Harapannya, agar kita semua bisa bersama-sama membentang kebaikan di muka bumi. Lebih dari itu, agar Zakat, Infak dan Wakaf kita menjadi Berkah Bagi Indonesia. Amin, allahumma amin. (KJ-04/*)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter