Monika : “When you give = You will receive”

Monik

Aktif dan senantiasa mencari kesibukan yang berbuah pahala, itulah yang dilakukan oleh seorang Monika Febrianti Utami. Mahasiswi yang duduk di semester IX Universitas Sriwijaya Jurusan Kesehatan Masyarakat ini tercatat sebagai volunteer DD Sumsel dan telah ikut beberapa aksi kemanusiaan yang diadakan oleh DD Volunteer Sumsel. Jauh sebelum DDVolunteer lahir, ia telah terlibat dalam kegiatan kerelawanan yang ada di DD Sumsel.

“Saya merasa sangat senang dapat bergabung dengan DDVolunteer ini. Karena dapat ikut serta mengukir senyum di wajah kaum dhuafa dan bertemu dengan teman-teman yang berhati besar”, ujar Monika membuka pembicaraan.

Menurutnya, banyak sekali manfaat bagi dirinya dengan bergabung menjadi seorang relawan. “Di mana melalui DDV ini saya belajar berbagi. Belajar memahami perbedaan pendapat dengan teman-teman satu tim, dan yang pastinya saya  belajar bahwa kita harus bersyukur di setiap keadaan. Karena di luar sana banyak sekali yang lebih membutuhkan daripada diri kita dan yang terpenting saya mempercayai kalimat yang berbunyi , ‘When you give = You will receive“.

Ia punya alasan sendiri mengapa tertarik menjadi seorang relawan. Baginya, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Saw, bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.

“Ditambah lagi, orang yang paling dicintai Allah adalah orang paling bermanfaat bagi manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau menghilangkan kesulitannya. Saya ingin melalui kegiatan kerelawanan ini dapat menjadi salah satu rayuan untuk mendapatkan cinta Allah”, ujar dara kelahiran Lubuklinggau 23 tahun silam ini.

Dalam rentang waktu yang cukup panjang dan penuh kebaikan sebagaimana didengungkan oleh DDVolunteer yakni #1Hari1Kebaikan, maka banyak sekali kegiatan bermanfaat yang diikuti oleh Monika dan teman-teman relawan lainnya. “Selama bergabung di Dompet Dhuafa kita banyak melakukan kegiatan sosial yang bekerja sama dengan DD sendiri seperti acara khitanan massal, lomba Ramadhan Ceria, pengumpulan dana untuk kaum dhuafa, program Ramadhan , dll”.

Saat ditanya pengalaman apa yang paling berkesan selama bergabung dengan DDV, menurutnya  yang paling berkesan bagi dirinya pribadi adalah saat melaksanakan lomba Ramadhan Ceria, di mana acara tersebut murni program sendiri dari DDV.

“Di sana kita belajar mengelola acara tersebut, menyatukan pebedaan pendapat, sehingga bisa satu visi dan misi. Acara tersebut diperuntukkan untuk anak-anak khususnya anak-anak kaum dhuafa dan anak-anak panti asuhan. Alhamdulillah kita bisa berbagi sedikit keceriaan bersama anak-anak, menumbuhkan keberanian dan menemukan bakat terpendam dari anak-anak tersebut”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan, bahwasanya kerelawanan itu sangat penting sekali terutama jika dibangun pada jiwa pemuda pemudi. Karena menurutnya, tonggak perubahan itu terletak pada pemudanya. “ Jika diminta, Saya akan memberikan waktu, tenaga, uang dan pikiran segenap hati untuk aksi kerelawanan”, ujarnya penuh semangat.

Di akhir wawancara ia menyampaikan harapan kepada DDV. “Harapan saya, semoga DDV semakin kompak, semakin membentangkan sayap kebaikan dan bersama-sama berlomba lomba dalam kebaikan”, pungkasnya. (KJ-04)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter