Tim DMC dan DDV Sumsel Bagikan Paket Peralatan Sekolah

 DD Sumsel Penyerahan Sembako 2

Banjir di Bangka memasuki hari ke-5 sejak banjir besar pada Senin (8/2/2016). Air mulai surut dan beberapa pemukiman sudah tidak tergenang air lagi. Namun demikian, pekerjaan besar masih menunggu sebagian dari warga korban banjir. Seperti membersihkan rumah, memilah perabotan yang terkena banjir yang masih bisa dipakai. Ditambah dengan perasaan was-was, saat melihat awan hitam menggantung di langit yang sewaktu-waktu bisa menaikkan lagi permukaan air.

Sabtu (13/2/2016), Tim Gabungan Disaster Management Center (DMC) dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumsel memberikan respon banjir di Desa Kayu Besi RT 05/02 Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka Induk Provinsi Bangka-Belitung. Respon pada hari itu adalah pembagian 185 paket sembako kepada warga terdampak banjir.

“Kita membagikan paket sembako yang kita salurkan dari para donatur”, tukas Marzuki relawan DDV Sumsel singkat.

Paket tersebut berasal dari donatur DD Sumsel juga berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan Artagraha Peduli.

Selanjutnya, berdasarkan data yang dipegang hasil analisa kebencanaan sebelumnya, Tim lalu bergerak ke Desa Berok Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Butuh waktu 2 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi desa yang dituju tersebut.

Ahad (14/2/2016), tim kemudian mendirikan Dapur Umum di desa tersebut dan membagikan peralatan sekolah sebanyak 100 paket kepada anak-anak korban banjir. “Anak-anak sangat senang, karena akibat banjir kemarin, sebagian besar alat sekolah mereka rusak”, lapor Marzuki.

Kondisi terkini di Desa Berok Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, masyarakat yang terdampak banjir sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. “Alhamdulillah cuaca dua hari ini sangat cerah dan air yang merendam rumah warga sudah mulai surut serta keadaan rumahnya sudah bisa ditempati”, lanjut Marzuki.

Untuk kebutuhan akses air bersih yang terkendalA sejak kemarin sudah mulai bisa diakses oleh warga. Mesin pompa sumur bor yang sempat rusak kemarin sudah dapat berfungsi kembali. Sementara untuk layanan kesehatan sudah dilayani oleh Puskesmas keliling yang siaga 24 jam dan dapat diakses oleh warga sekitar. (KJ-04/*)

DD Sumsel Penyerahan Sembako

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter