Sudah Tandatangani MoU, 17 Siswa SMA Azharyah Palembang Siap Jalankan Tugas Konselor Sebaya


.
Setelah melewati pembekalan selama 2 hari, pada Selasa hingga Rabu (5-6/3) kemarin, 17 konselor Forum Sahabat Remaja (FSR) SMA Azharyah Palembang dinyatakan siap mengemban tugasnya.
.
Selama 2 hari terakhir, 17 konselor sebaya yang terdiri dari 10 orang siswi perempuan, dan 7 orang siswa laki-laki yang kesemuanya merupakan murid kelas X (sepuluh) ini diberikan berbagai macam materi pelatihan oleh tim dari program kesehatan Dompet Dhuafa Sumsel seperti materi psikologi remaja, kesehatan reproduksi remaja, gambaran kenakalan remaja dan cara menanggulanginya, konselor pribadi, dan cara menjadi konselor sebaya yang baik.
.
Forum ini dioptimalkan untuk edukasi remaja terutama dalam aspek kesehatan reproduksi dan pergaulannya. Tumbuh dan berkembangnya komunitas yang ada di Palembang mulai dari komunitas hobi, komunitas olah raga, hingga komunitas peduli dan berbagi, menjadi pertanda semangat kebersamaan sedang meningkat.
.
Situasi positif tersebut juga dimanfaatkan oleh tim kesehatan DD Sumsel untuk membentang kebaikan bersama bagi remaja, mengingat usia remaja sebagai fase peralihan dari anak-anak menuju dewasa dengan segala perubahan dinamikanya, termasuk pergaulan dan kesehatan reproduksinya.
.
Di Indonesia sendiri populasi remaja sebagaimana yang dikatakan oleh WHO adalah kelompok penduduk yang berusia 10-9 tahun, memang terbilang cukup besar harga 18,3% dari total jumlah penduduk atau sekitar 43 juta jiwa lebih. Hal ini ditambah pula dengan keunikan dalam pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psychologist ,ataupun sosial di mana mereka memasuki masa yang penuh dengan strom dan stres, yaitu masa pubertas.
.
Masalah kesehatan pada kelompok remaja lebih kompleks dengan masa pubertas konseling kesehatan remaja merupakan suatu bentuk komunikasi dua arah antara konselor dan klien dalam memecahkan masalah kesehatan yang dihadapi oleh remaja.
.
“Konseling ini bertujuan untuk membantu remaja dengan menggali kondisi permasalahan yang dihadapinya sehingga remaja mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memecahkan permasalahannya,” Jelas Mutiara NF, Program Kesehatan DD Sumsel.
.
Dalam upaya membantu remaja memiliki pengetahuan sikap dan perilaku yang bertanggung jawab terhadap kesehatan reproduksi maka kegiatan pembentukan forum sahabat remaja sebagai bagian dari operasional program kesehatan merupakan kegiatan yang sangat strategis. Seperti diketahui bahwa remaja merupakan masa labil yang akan mengalami perubahan psikologis dan menghadapi masalah-masalah ringan saat masih kanak-kanak beralih ke masalah-masalah yang lebih rumit ketika menginjak masa remaja oleh karena itu remaja harus mendapat pelayanan yang bersifat edukasi kesehatan remaja dan pendekatan melalui konselor sebaya khususnya dalam menghadapi keadaan psikologisnya yang labil.
.
Diakhir agenda ini juga diadakan penandatanganan MoU antara DD Sumsel dengan pihak sekolah terkait program ini, yang mana nantinya akan ada edukasi rutin kesehatan remaja, dan menetapkan SMA Azharyah Palembang sebagai binaan program DD Sumsel.

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter