‘Sport Day’ Ala Anak ‘Yakin’

Anak Yakin tengah melakukan senam bersama di gelanggang olahraga Jakabaring Sport City, Ahad (14/2/2016)

Anak Yakin tengah melakukan senam bersama di gelanggang olahraga Jakabaring Sport City, Ahad (14/2/2016)

Mentari baru menampakkan hangatnya, kumpulan anak-anak yang tergabung dalam program Yatim Kreatif Indonesia (Yakin) sudah berkumpul di Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang. Aktivitas anak Yakin kali ini dipusatkan di gelanggang olah raga kebanggaan warga Sumsel tersebut.

Kegiatan pekan ini diawali dengan Senam Anak Indonesia bersama seluruh anak-anak Yakin dan dipandu oleh Kak Septri serta kakak asuh yang selalu setia mendampingi mereka.

Wajah ceria nampak jelas dari keseluruhan peserta. Sembari senam, mereka pun bersenda gurau dengan sesamanya. Jika biasanya mereka beraktivitas di Kampus Yakin, maka dalam kesempatan Ahad (14/2/2016) tersebut mereka dibawa ke Jakabaring untuk berolahraga.

“Secara periodik tema-tema kegiatan akan berganti sesuai dengan kebutuhan adik-adik asuh. Pekan ini tema yang kita ambil tentang olahraga Sport Day,” ujar M. Ridwan, Kepala Sekolah Yatim Kreatif di sela-sela kegiatan.

Kegiatan ini selain bertujuan mengajarkan kepada adik asuh untuk menjalankan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga juga sebagai bagian dari kegiatan outing, agar kegiatan rutin pekanan tidak membosankan.

“Biasanya, memang minimal sebulan satu kali, kita ajak adik-adik keluar dari kampus. Mengunjungi masjid bersejarah, wisata alam, ke museum dan sebagainya”, tutur Ridwan.

Setelah senam bersama seluruh adik asuh dibagi menjadi beberapa kelompok untuk meneruskan kegiatan berolah raga sesuai dengan minat dan ketersediaan alat penunjang.

Sebagian dari anak laki-laki nampak bermain bola kaki, anak perempuan ada yang bermain badminton dan ada yang hanya berlari-lari kecil saja. Tidak luput pantauan kakak asuh terhadap adik asuh sebagai bentuk pertanggung jawaban kegiatan tematik ini.

Kegiatan sport day pekan ini berakhir menjelang siang dan ditutup dengan makan bersama seluruh adik asuh dan kakak pendamping program Yatim Kreatif. Semoga setiap pekan akan ada materi-materi variatif dalam menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian bagi seluruh peserta program. (KJ-04/Wan)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter