Siswa SMP/SMA LTI IGM Kumpulkan Donasi Rp 42,5 juta Selama Pesantren Ramadhan

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan tahun ini SMP/SMA LTI IGM menggandeng Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan untuk menyelenggarakan kegiatan agar lebih beragam. Tak hanya sebatas kegiatan peningkatan ruhiyah semata berupa Pesantrean Ramadhan, namun juga dibuat bagaimana meningkatkan kepekaan sosial para siswa terhadap lingkungan sekitar.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Betty Kurniati, SpdI kepala sekolah SMA LTI IGM dalam kata sambutan kegiatan buka puasa bersama sekaligus penutupan kegiatan Pesantren Ramadhan,  Rabu (31/7). “Pada kegiatan Ramadhan tahun ini kita buat berbeda dari tahun sebelumnya. Karena kita bekerjasama dengan Dompet Dhufa. Di mana di dalamnya kita mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan selama satu pekan sekaligus bakti sosial berupa pengumpulan donasi”, ujar Betty.

Ia juga mengingatkan kepada anak-anak didik SMA LTI IGM untuk senantiasa bersyukur atas keadaan yang sekarang dirasakan. “Kalian harus meniru semangat adik-adik dari Yatim Kreatif Indonesia. Mereka begitu semangat menampilkan potensi yang mereka miliki. Kalian masih lengkap kedua orang tua, bisa bersekolah di sini yang katakanlah berbiaya besar. Bersyukurlah, agar Allah Swt menambah nikmat-Nya”, harapnya.

Memang dalam kegiatan yang digelar di ruangan mushalla sekolah LTI IGM itu, anak Yakin DD Sumsel diundang berbuka puasa dan sekaligus diberikan kesempatan untuk menampilkan keterampilan Tari Saman dan Trash Music. Walaupun tengah berpuasa, penampilan unik mereka tetap bersemangat sehingga mengundang perhatian dan kekaguman dari para siswa dan guru yang hadir.

Pesantren Ramadhan sendiri dilaksanakan untuk jenjang SMP dan SMA yang ada di dalam lingkungan sekolah LTI IGM. Kegiatan tersebut masing-masing dilaksanakan selama sepekan, yakni mulai dari 22 – 31 Juli 2013. Selain diberikan materi keislaman melalui tutor yang disediakan oleh DD Sumsel, anak-anak juga diajak berdonasi. Puncaknya adalah pengumpulan donasi kepedulian dari peserta didik SMP/ SMA LTI IGM. Di mana terkumpul sumbangan sebesar Rp 42,5 juta dan pakaian serta aneka panganan (sembako) untuk berhari raya.

Yuliani, Head of Division DD Sumsel menyebutkan perolehan tersebut dan sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SMP/SMA LTI IGM, terutama para peserta didik yang telah berpartisipasi aktif dalam mengumpulkan donasi. “Semoga tidak hanya dalam Ramadhan ini saja DD Sumsel bisa bekerjasama dengan IGM. Insya Allah, ke depannya kita bisa terus bersinergi dalam program-program kepedulian yang lain”, ucapnya saat memberikan kata sambutan.

Dalam seremoni penutupan itu sendiri, juga diserahkan secara simbolis bantuan kepada perwakilan MTs/ pesantren Insaniyah, karyawan office boy dan tata usahaLTI IGM serta Yatim Kreatif Indonesia sendiri. Hasil donasi sendiri, sebagian besar telah disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam bentuk tunai dan parsel lebaran. Di antaranya ke Rumah Quran, Pesantren, Panti Asuhan dan lainnya yang berada di sekitar lingkungan sekolah LTI IGM Palembang. (KJ-04)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter