Relawan itu Ujung Tombak Aksi Kemanusiaan

Palembang, DD Sumsel – Sekitar 50-an orang anak muda dengan berseragam T-Shirt hitam berkumpul di salah satu sudut arena Kambang Iwak Family (KIF) Park Palembang. Pagi yang masih dingin, tak menyurutkan langkah mereka untuk hadir di lokasi. Bahu-membahu mereka membentangkan baliho besar di pinggir kolam, bertuliskan Selamat Hari Relawan Sedunia.

Mereka adalah para relawan kemanusiaan yang berhimpun dalam wadah DD Volunteer (DDV) Sumsel. Hari itu, Ahad (7/12) mereka hendak merayakan Hari Relawan Internasional yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 5 Desember.

Mereka menyiapkan aneka kegiatan sosial hari itu. Ada jalan santai mengelilingi Kambang Iwak, konsultasi kesehatan gigi dan mulut, periksa tensi darah dan penimbangan Berat Badan (BB) gratis.

Sebagian besar dari mereka berasal dari kalangan mahasiswa. Namun ada juga yang berasal dari profesi, seperti para dokter yang turut berpartisipasi sebagai relawan pada hari itu.

DDv DD Sumsel Hari Relawan Sedunia

Dari kiri ke kanan Yahul, Ufo, Mona, Icha, Desi. Semuanya adalah dokter gigi yang tergabung sebagai relawan DDV

Kartini Eka Sari selaku koordinator kegiatan sekaligus yang mengetuai para relawan DDV tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan hari itu dilakukan untuk memperingati Hari Relawan Sedunia.

“DDV sebagai bagian dari keluarga besar relawan sedunia juga ingin memberikan partisipasi dalam hari besar tersebut”, ujar Kartini.

Dijelaskan Kartini, memasuki usia DDV Sumsel setahun pada bulan Maret mendatang telah banyak hal yang dilakukan oleh DDV. “Sesuai dengan moto kita, 1 Hari 1 Kebaikan, maka sekecil apapun yang bisa kita lakukan. Maka lakukan untuk kebaikan”.

Di antara aneka kegiatan yang telah dilakukan DDV sebelumnya, seperti operasi semut membersihkan lingkungan KIF Park, kampanye hari anak dan cegah kekerasan seksualitas kepada anak, bersih-bersih masjid, mengumpulkan donasi bagi pasien kanker dan sebagainya.

“Menjadi relawan tentu membutuhkan motivasi tinggi. Selain karena sifatnya bukan untuk mencari keuntungan, juga seorang relawan dituntut pula untuk tetap memperhatikan pengembangan diri sendiri”.

Untuk menjaga hal tersebut, DDV secara mandiri juga sering kumpul-kumpul untuk saling memotivasi. “Selain koordinasi bulanan, mereka kumpul-kumpul juga kadang mengundang motivator lokal. Seperti Mas Rofiq pemilik gerai Pecel Lele Lela dan Roti Bakar Narsis”, tukas Kartini.

Kerelawanan adalah ujung tombak sekaligus nyawa bagi setiap aksi kemanusiaan. Kehadiran DDV Sumsel telah menarik minat para kaum muda yang tengah berolahraga di kawasan KIF Park untuk mendaftar. Karena selain menggelar aksi sosial, DDV juga membuka kesempatan bergabung untuk masyarakat umum (open recruitment).

Bagi yang masih berminat untuk bergabung, masih terbuka kesempatan luas untuk bergabung. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kartini (081958293152), Monik (089668929692), Hardi (087897224446). Follow juga akun twitter @ddvsumsel dan @ddsumsel untuk mengetahui aksi selanjutnya. (KJ-04)

DDv DD Sumsel Hari Relawan Sedunia

DDv DD Sumsel Hari Relawan Sedunia

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter