Program Persembahan LKC DD Sumsel Untuk Anak Indonesia Sehat

02 02 -- Promkes AIS

Setelah sukses dengan program sekolah sehat sebagai bagian dari program kesehatan kawasan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan di tahun 2015 kini Program Kesehatan DD Sumsel melanjutkan program sekolah sehat berbasis wilayah dengan program Anak Indonesia Sehat (AIS).

Rizki Asmuni selaku Kepala Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa (DD) Sumsel mengungkapkan, bahwa program AIS akan diawali dengan pemeriksaan kesehatan gigi di tujuh sekolah dasar/ sederajat.

“Program Anak Indonesia Sehat akan kita mulai per 6 Februari mendatang. Diawali dengan agenda pemeriksaan gigi. Sepanjang Februari akan ada tujuh sekolah yang akan kunjungi”, ujar Rizki.

Ke tujuh sekolah ini tersebar di daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir, dengan target penerima manfaat sebanyak 2.252 siswa (lihat grafis).

“Selain screening gigi, agenda juga akan diisi dengan penyuluhan kesehatan gigi dengan harapan kesadaran akan kesehatan gigi dapat tumbuh dari usia dini sebagai bentuk investasi kesehatan bagi siswa”, sambungnya.

Dalam agenda ini LKC DD Sumsel bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sumatera Selatan, dan Akademi Kesehatan Gigi Sumatera Selatan.

“Sinergi program ini juga seiring dengan agenda PDGI yang biasa mengadakan bakti sosial di beberapa daerah di Palembang. Dengan target tujuh sekolah dan ribuan siswa, kita tidak bisa bekerja sendiri. Sehingga banyak pihak yang akan kita ajak bersinergi untuk menyukseskannya”, tutur Rizki.

Di samping kerjasama dengan tenaga kesehatan, program AIS juga akan diikuti oleh pendamping sekolah sehat yang sudah diseleksi di awal Januari lalu.

“Kita juga akan memberdayakan para pendamping program yang telah kita rekrut bulan kemarin untuk mendampingi siswa di setiap agenda penyuluhan atau pun promosi kesehatan sepanjang tahun 2016”, imbuhnya lagi.

Total pendamping sekolah sehat tercatat sebanyak 77 orang yang sebagian besarnya berasal dari kalangan mahasiswa.

“Program AIS sendiri merupakan turunan dari Program Promosi Kesehatan LKC DD Sumsel. Yang bertujuan untuk meningkatkan status tumbuh kembang anak Sekolah Dasar melalui penguatan kontrol sekolah, masyarakat dan pemerintah. Sedangkan tujuan khususnya adalah tereliminasinya permasalahan yang mempengaruhi tumbuh kembang pada anak sekolah dasar”, tutup Rizki. (KJ-04/*)

Infografis Program Anak Indonesia Sehat LKC DD Sumsel

Infografis Program Anak Indonesia Sehat Bulan Pertama LKC DD Sumsel

 

 

 

 

 

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter