Pererat Komunikasi & Kordinasi, Forum Zakat (FOZ) Wilayah Sumsel Silaturahim ke Kantor BAZNAS Prov.Sumsel

Foto bersama pengurus FOZ dan Ketua Baznas Sumsel beserta staf.

Foto bersama pengurus FOZ dan Ketua Baznas Sumsel beserta staf.

Palembang, DD Sumsel – Penghimpunan dan pendayagunaan dana umat dalam bentuk Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) masih belum optimal di Sumatera Selatan. Oleh karenanya dibutuhkan komunikasi, koordinasi dan sinergi bersama antara pihak-pihak yang berkepentingan. Utamanya, antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai induk gerakan zakat dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat.

Forum Zakat (FOZ) sebagai asosiasi pengelola zakat, berusaha menjembatani hal tersebut. Salah satunya dengan bersilaturahim ke pihak Baznas Prov Sumsel, Kamis (16/2/2017) lalu.

Rombongan FOZ yang dipimpin langsung oleh Ketua FOZ Wilayah Sumsel H Kusworo Nursidik, Lc, diterima oleh Drs H Najib Haitami, MM, didampingi para Komisioner BAZNAS Prov.Sumsel serta staf pelaksana.

“Selain bersilaturahim untuk lebih mengenal pihak Baznas yang merupakan kordinator kita dalam gerakan zakat ini, kita juga membahas beberapa hal strategis”, ungkap Kusworo.

Beberapa hal itu di antaranya terkait dengan perizinan operasional LAZ Perwakilan yang ada di Sumsel. “Mengingat, berdasarkan PP No 14 tahun 2014 dan KMA 333 tahun 2015 bahwa, LAZ yang membuka perwakilan tingkat provinsi, harus ada rekomendasi dari Baznas Provinsi dan izin operasional dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi”, ungkap dai yang juga menjabat sebagai Pimpinan Cabang (Pincab) Dompet Dhuafa (DD) Sumsel ini.

Kusworo juga menambahkan, dalam pertemuan itu dibicarakan juga tentang sinergi penghimpunan dan pengelolaan zakat, “Kita juga membahas sinergi  dalam upaya mengoptimalkan gerakan zakat dan pendayagunaan zakat di Sumsel”, ucapnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Ifik Ismoedjati (Sekjen FOZ Sumsel), Hadi Y (Pincab RZ Palembang), Coni (Pincab LMI Palembang), Firjun Zaelani (Pincab BMH Palembang) dan juga Perwakilan DPU DT Palembang. (KJ-04)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter