Pekan Ke-2, AIS DD Sumsel Periksa Kesehatan Siswa SD Muhammadiyah 1 Palembang

Seorang siswa tengah diperiksa kesehatan giginya oleh tim dari program Anak Indonesia Sehat (AIS) Dompet Dhuafa Sumsel, Ahad (14/2/2016).

Seorang siswa tengah diperiksa kesehatan giginya oleh tim dari program Anak Indonesia Sehat (AIS) Dompet Dhuafa Sumsel, Ahad (14/2/2016).

Pekan ke-2 dari program Anak Indonesia Sehat (AIS) Dompet Dhuafa (DD) Sumsel , dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan siswa sekolah di SD Muhammadiyah 1 Palembang. Masih menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Palembang dan analis kesehatan, DD Sumsel mengadakan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gigi gratis.

Diungkapkan oleh M Agus Wandi dari DD Sumsel, bahwasanya kegiatan AIS ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan program kesehatan berbasis wilayah yang dikembangkan oleh Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) DD Sumsel. Di mana, program serupa sukses dilakukan di tahun sebelumnya.

“Program Anak Indonesia Sehat ini, insya allah akan kita selenggarakan sepanjang tahun 2016 ini. Dengan agenda dibedakan tiap bulannya. Untuk bulan Februari ini, bekerjasama dengan PDGI Palembang dan relawan medis lainnya, kita mengambil tema Kesehatan Gigi,” cetus Wandi yang turut hadir mengawasi kegiatan pada hari itu.

Setidaknya ada tujuh sekolah yang dijadikan target program ini (lihat infografis). “Minggu ini kita datangi SD Muhammadiyah. Pekan sebelumnya kita datangi dua sekolah yakni SDN 158 dan SD Sentosa Candi Welan. Dua kali pekan depan, juga akan memeriksa empat sekolah,” tambahnya.

Rangkaian agenda yang dilaksanakan setiap pekan, yakni pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan gigi, cek golongan darah serta edukasi kesehatan yang terkait penyakit kecacingan yang banyak menghinggapi anak-anak usia sekolah.

Sementara itu, Rizki Asmuni selaku Kepala Divisi Kesehatan LKC DD Sumsel menyebutkan, pada tiap kegiatan setiap pekannya, dilibatkan puluhan tenaga medis dan relawan. Rinciannya, “Ada 30 dokter gigi dari PDGI Palembang, sepuluh analis kesehatan dan 25 orang relawan. Kita bersinergi dengan banyak pihak,” sampai Rizki.

Dari pihak sekolah sendiri, merasa sangat terbantu dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh LKC DD Sumsel. “Kegiatan ini baik, mudah-mudahan dapat terus dilakukan secara berkesinambungan. Bukan hanya di sekolah ini, tapi juga harus dilakukan di sekolah-sekolah uang lain”, ujar Siti Rohima Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Palembang sebagaimana dikutip dari Koran Sindo terbitan Ahad (14/2/2016).

Melalui kegiatan ini, ia berharap, anak-anak khususnya yang di bawah umur, bisa mengerti akan kesehatan dan bagaimana menjaganya.

“Menjaga kesehatan itu harus dilakukan sejak dini. Kita harus tanamkan  hal itu mulai dari sekarang”, imbuhnya lagi.

Direncanakan, pekan depan program AIS LKC DD Sumsel akan mendatangi sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Ilmiyah dan SD Negeri 80 Palembang.  (KJ-04/*)

Infografis Program Anak Indonesia Sehat LKC DD Sumsel

Infografis Program Anak Indonesia Sehat LKC DD Sumsel

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter