Mewaspadai Gejala Penyakit Darah Tinggi

Palembang, DD Sumsel — Salah satu penyakit yang menjadi momok dalam kehidupan modern adalah hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit ini sebagian besar disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sedangkan, sebagian yang lain merupakan penyakit keturunan.

Hipertensi bisa menyerang siapa saja. Namun umumnya menyerang mereka yang berusia di atas 40 tahun. Namun, semakin ke sini, penyakit ini justru semakin sering ditemui pada usia produktif di bawah 40 tahun. Karena, perubahan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Menyadari pentingnya untuk menyampaikan informasi yang benar tentang hipertensi ini, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan secara berkala mengadakan penyuluhan mengenai hipertensi ini, seperti yang dilakukan pada Kamis (4/12/2014) lalu.

Bertempat di Lantai II Klinik LKC DD Sumsel, dr Alfredo menyampaikan kepada warga sekitar klinik yang sengaja diundang.

Dalam kesempatan itu, dr. Alfredo menyampaikan mengenai penyakit Hipertensi, apa saja tanda dan gejala dari penyakit tekanan darah tinggi serta apa saja faktor penyebab dan pencegahannya.

Penyakit hipertensi adalah penyakit yang disebabkan di mana darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Tekanan darah ini ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan saluran arteri menyempit, tekanan darah akan meningkat.

Secara umum orang dengan hipertensi terlihat sejat dan sebagian besar tidak menimbulkan gejala. Tapi ada pula gejala awal yang mungkin timbul dari hipertensi di antaranya : Sakit kepala, Perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan mudah lelah.

Seusai kegiatan diadakan pelayanan pengobatan. (KJ-04)

Penyuluhan Hipertensi di LKC DD Sumsel

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter