Mana yang Harus Didahulukan? Bersedekah atau Berkurban

Sebentar lagi memasuki Hari Raya IdulAdha. Tak terasa, waktu begitu cepat. Seperti yang kita tahu bahwa pada bulan ini, ada amalan ibadah istimewa yakni berkurban.

Namun, manakah yang didahulukan, ketika dihadapkan pilihan antara berkurban dan bersedekah? pertanyaan ini mungkin muncul di benak kita.

Satu ibadah dengan yang lain memiliki aspek keistimewaan yang berbeda. Sedekah mempunyai keistimewaan sendiri, berkurban juga memiliki keistimewaan.

Berdasarkan beberapa ulama menyebutkan, perbedaan antara dua amalan tersebut yakni berkurban merupakan suatu ibadah khusus yang tak bisa ditukar dengan amalan lain dan waktunya pun khusus.

Jika mengacu kepada penyataan Ibnu Qoyyim, “Menyembelih pada waktunya lebih utama daripada sedekah dengan harganya, sekalipun dengan jumlah sedekah yang lebih besar daripada harga kurban, karena penyembelihan dan mengalirkan darah itu sendiri menjadi sasaran, ia adalah yang disandingkan dengan sholat.”

Allah ta’ala berfirman, “Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar: 2). (Ahb)

bagikan ke >>

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter