LKC Dompet Dhuafa Sumsel Gelar Pameran dan Edukasi Tuberkulosis di Sekolah MA Al Amalul Khair

Palembang – LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan Pameran dan Edukasi Tuberkulosis (TBC) di Sekolah MA Al Amalul Khair pada Senin, 20 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 130 siswa dari kelas X dan kelas XI. Acara dimulai dengan kata sambutan dari perwakilan sekolah dan LKC Dompet Dhuafa Sumsel, dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang Edukasi Tuberkulosis oleh dr. Mardiana Lestari sebagai Dokter Umum Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel.

Dalam acara tersebut juga diadakan game ular tangga oleh perwakilan dari masing-masing kelompok dan pemberian souvenir kepada siswa serta plakat kepada sekolah. Edukasi peduli TBC ke sekolah bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang TBC kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya kepada ekosistem pendidikan tentang pencegahan, penularan, pemeriksaan, dan pengobatan TBC yang berkualitas. Selain itu, untuk memperkuat peran satuan pendidikan dalam pembentukan karakter dan perubahan perilaku menuju hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Peringati Hari Gizi, LKC Dompet Dhuafa Sumsel Kolaborasi dengan Puskesmas Nagaswidak

Dengan adanya edukasi TBC di kalangan siswa SMA, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah tepat sebagai gerakan bersama melawan TBC. Generasi millenial dituntut untuk membuktikan bahwa Indonesia bebas TBC dan program eliminasi TBC di tahun 2030 bukan hanya sekadar impian. Dimulai dari diri sendiri, karena semua orang berisiko terkena TBC. Menjadi pahlawan tidak hanya harus menenteng senjata di medan perang, tetapi ikut terlibat dalam menyukseskan program eliminasi TBC juga dapat menjadi pahlawan bagi banyak orang. Bersama generasi millenial, Indonesia bisa bebas TBC. (ahb)

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter