LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Launching Program Kawasan Sehat di Desa Pagar Dewa Muara Enim

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan menggelar Launching Program Kawasan Sehat di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim pada Rabu (15/5/2024).

Acara yang diselenggarakan dengan khidmat dan penuh semangat ini diresmikan langsung oleh Koordinator LKC Sumsel, Ibu Ns. Tri Hartati, S.Kep. ditandai dengan penyerahan Tanaman Obat Keluarga (Toga) secara simbolis ke pihak Desa Pagar Dewa, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penandatanganan papan komitmen oleh seluruh stakeholder/mitra program.

“Program Kawasan Sehat tidak bisa dijalankan oleh LKC saja, akan tetapi perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, stakeholder dalam hal ini Desa, Puskesmas, Kecamatan, Dinkes dan lainnya ” Ucap Koordinator LKC Sumsel dalam sambutannya.

Turut hadir dalam acara, Sekertaris dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Agung. Kasubag TU, PJ Kesling dan PJ Keswa Puskesmas Tanjung Agung. Ketua PKK, BPD, Tokoh Agama, Kader Kesehatan dan Perangkat Desa Pagar Dewa serta diikuti oleh masyarakat setempat.

Program Kawasan Sehat sendiri merupakan upaya membangun pola hidup sehat di suatu kawasan dengan mengedepankan konsep pemberdayaan kesehatan berdasarkan 7 indikator yaitu kesehatan ibu dan baduta, eliminasi stunting, pengelolaan PTM, pengelolaan TBC, lingkungan hijau produktif, sanitasi yang baik dan sehat mental spiritual.

“Untuk tahun pertama di desa pagar dewa, kami akan fokus pada pencapaian 4 indikator sesuai dengan prioritas masalah yang telah ditetapkan yaitu KIA, eliminasi stunting, pengelolaan PTM dan pengelolaan TB. Namun, bukan berarti 3 indikator lainnya tidak akan dilaksanakan, hanya saja 4 indikator utama tadi akan kami usahakan tercapai penuh targetnya per desember 2024 nanti”. Ujar PIC Kawasan Sehat, Risky Tiara Putri, SKM.

Secara garis besar, program kawasan sehat diharapkan mampu merubah, mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam upaya pencegahan penyakit dengan melakukan pengelolaan, penjaringan kasus, membangun kesadaran melalui pendampingan, pemantauan, pemberian akses informasi kesehatan dengan meningkatkan kegiatan dalam komunitas masyarakat.

“Kami pihak Desa Pagar Dewa menyambut baik program kesehatan dari LKC Dompet Dhuafa Sumsel. Harapannya akan terjalin kerjasama yang baik diantara kita dalam meningkatkan kesehatan di wilayah pagar dewa” ucap Kepala Dusun 1, Bapak Sutarmoko saat diwawancarai.

Sejalan dengan Sustainable Development Goals, LKC Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan yang berkualitas dan berkesinambungan serta berdampak pada kemandirian masyarakat yang berkelanjutan melalui kerjasama berbagai pihak dengan pentahelix model.

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter