Generasi Milenial, Sayangi Mata Anda!

dr Mardiana Lestari

Palembang-Mata adalah jendela dunia. Oleh karena itulah, jangan abaikan kesehatan mata. Mata juga butuh istirahat untuk menghindari gangguan penglihatan.
Di era modern dengan kemajuan tekhnologi saat ini, penyebab gangguan penglihatan pada anak muda atau lebih sering disebut generasi milenial, tidak lagi disebabkan karena sering membaca buku atau aktivitas lainnya. Tapi, cendrung karena terlalu sering menggunakan gadget, laptop atau komputer.
Hal itulah yang disampaikan dokter Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sumsel dr Mardiana Lestari beberapa waktu lalu.
“Gangguan mata paling banyak terjadi pada anak muda, adalah mata lelah. Karena terus diforsir seperti menggunakan gadget, laptop ataupun membaca buku dalam waktu yang lama,” ucapnya.
Terus memaksakan mata biasanya akan menyebabkan mata menjadi perih, berair, kering atau mata menjadi lebih sensitif.
Untuk mengatasi mata lelah, tak perlu penanganan khusus. Sebaiknya, segera mengistirahatkan kedua bola matanya.
“Berkedip juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata,” jelasnya.
Banyak orang akan berkedip kurang dari biasanya ketika melakukan aktivitas visual. Berkurangnya berkedip bisa membuat mata menjadi kering.
Penanganan berbeda pastinya, untuk penderita katarak, glukoma, rabun jauh atau dekat. Untuk rabun, bisa menggunakan kacamata. Sementara katarak dan glukoma perlu penanganan serius dengan dokter spesialis mata. zal

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter