Gedung Diklat DD Sumsel Telah Berdiri

Mengentaskan kemiskinan tak bisa dengan pemberian bantuan konsumtif semata. Ibaratnya memberi kail dan pengetahun cara memancing, sangat bijaksana daripada memberi ikannya langsung. Semangat wirausaha yang saat ini terasa sekali gaungnya, harus segera ditangkap momennya. Selain untuk melepaskan diri dari pengangguran, kewirausahaan juga akan membangkitkan kemandirian sekaligus kebanggaan tersendiri karena mampu berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Mantap bukan?

Berlokasi di Jl Sirna Raga RT 25 Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang, di atas lahan seluas 320 m2 saat ini telah berdiri kokoh bangunan bercat putih yang akan digunakan sebagai tempat pendidikan dan pelatihan (diklat) keterampilan. Lantainya telah dilapisi keramik juga berwarna putih.

Bangunan itu milik Dompet Dhuafa Sumsel yang menurut Dessi Arisanti, Pimpinan Cabang DD Sumsel akan dipergunakan untuk kegiatan diklat dan direncanakan juga semua kegiatan Institut Kemandirian (IK) akan dipusatkan di sana.

“Ya, kita mendapat bantuan wakaf tanah dari Ibu Sri Hastuti, ukuran 16×20 m yang ada di kawasan Pipa Reja. Alhamdulillah, saat ini telah dibangun satu gedung menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Sumsel. Saat ini tinggal finishing saja”, ujar Dessi.

Pembangunan gedung tersebut selaras dengan keinginan DD Sumsel yang memang ingin membangun pusat pelatihan keterampilan. “Insya Allah nantinya kita akan mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan secara rutin di tempat tersebut. Rencananya akan ada kursus singkat berupa keahlian reparasi handphone, desain busana, keterampilan menjahit , komputer dan sebagainya”, sambungnya.

Adapun sasaran program ini ke depannya adalah para pengangguran usia produktif yang belum mempunyai penghasilan. Gedung dengan satu ruangan utama dan beberapa ruang pendukung tersebut saat ini masih menyisakan sekira 10% pekerjaan lagi, yakni pembuatan bingkai jendela dan pintu. DD Sumsel mempersilahkan kepada pihak donatur yang ingin berpartisipasi dalam penyelesaian pembangunan gedung tersebut melalui Rekening Infak di Bank Mandiri No 113000.765.3474.

Saat ditanya kapan program ini akan mulai berjalan? “Insya Allah akan kita launching pasca Hari Raya Idul Fitri tahun ini”, ungkap Dessi mantap. Saat ini, untuk fasilitas penunjang, di kantor DD Sumsel sendiri telah tiba komputer hibah dari pihak Adira Finance sebanyak tujuh unit dan akan dipakai dalam program tersebut. (KJ-04)

 

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter