DSIM Latih Jiwa Entrepreneur Sosial

MALAKA II – Kerja, mungkin sudah menjadi keinginan dari masyarakat yang baru saja menamatkan pendidikan baik SMU hingga sarjana. Tapi tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut. Karena itu,pada tanggal 23 Juni 2009 kemarin, melalui Madrasah Ummat (MU) Dompet Sosial Insan Mulia (DSIM) menggelar pelatihan jiwa entrepreneur (jiwa kewirausahaan) sosial muslim yang digelar di Hotel Raden Home Stay, Jl Malaka II Palembang.

Pelatihan diikuti sekitar 25 peserta itu, bertujuan menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi generasi muda. “Mereka semua akan disaring hingga menyisakan dua orang yang akan mendapatkan bantuan modal usaha,” ujar Haryono, koordinator pemberdayaan dari Divisi MU DSIM ditemui di sela-sela kegiatan, kemarin.

Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat tidak mampu tapi memiliki kemauan untuk berkembang dan berwirausaha. “Mereka tersebut akan menjadi mitra DSIM dalam mengembangkan usaha produktif masyarakat,” ungkapnya.

Kepada mereka yang terpilih, menurutnya akan mendapatkan bantuan modal usaha berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta. Akan tetapi sebelumnya mereka harus melalui proses penyaringan yang meliputi, seminar kewirausahaan dan menjual produk dari mitra DSIM. “Setelah semuanya diikuti dan dinyatakan terpilih, mereka berhak atas bantuan modal usaha tersebut,” bebernya.

Sementara, pembicara dalam seminar dan pelatihan ini merupakan orang yang berpengalaman di bidangnya. Seperti Ir Rudiyanto sebagai motivator karakter dan mental pengusaha, serta Agus Tridasa yang berbicara mengenai strategi dan peluang-peluang usaha. “Diharapkan semua dapat mengikutinya dengan seksama, sehingga nantinya mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mengembangkan usahanya kelak,” harapnya.

Sedangkan bagi yang tidak terpilih, sambungnya jangan pernah patah semangat. Sebab dirinya akan tetap menjadi fasilitator bagi mereka. Sehingga bisa terus mengembangkan keahlian yang dimiliki. “Kita akan terus menjadi pendamping, meskipun mereka tidak terpilih,” ulasnya didampingi Asep Markom pengurus DSIM. (sumeks.co.id)        

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter