Dompet Dhuafa Volunteer, Semangat Baru Kepedulian

Relawan (volunteer) merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari aktivitas kepedulian. Relawan juga ujung tombak dalam kesuksesan sebuah program pemberdayaan. Kehadiran volunteer telah menghidupkan semangat di setiap sendi gerakan kemanuasiaan.

Itulah mengapa lembaga nirlaba sekelas Dompet Dhuafa begitu konsen dalam mengedukasi dan menjaring relawan dalam setiap kesempatan yang ada. Termasuk pula Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, ketika menggelar kegiatan Dompet Dhuafa Volunteer pada Sabtu-Ahad (3-4/5/2014) yang lalu.

Kegiatan pelatihan itu sendiri digelar di aula RS Mata Sumsel yang terletak di Jl Kol H Barlian KM 5 Palembang. Hadir sebagai pembicara, langsung dari DD Pusat, yakni Bambang Suherman selaku Deputi Direktur Program Kesehatan DD dan M Sabeth Abilawa GM Social Development DD.

Sebanyak 200-an peserta turut ambil bagian, rata-rata peserta didominasi mahasiswa yang datang dari berbagai universitas. Mereka antusias dengan kegiatan tersebut dan menyatakan kesediaannya bergabung sebagai volunteer DD Sumsel. Hal itu ditandai dengan penandatanganan ikrar untuk melakukan #1 Hari 1 Kebaikan.

Kartini Ekasari, Head of Fundraising Community DD Sumsel mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas jaringan hingga ke tingkat individu dan memperbanyak volunteer kemanusiaan. “Tujuan utama kita adalah untuk memperbanyak relawan kemanusiaan. Karena bagaimanapun, relawan adalah ujung tombak DD dalam melaksanakan program-program pemberdayaan”, ujarnya.

Menurutnya, dari kegiatan ini, mereka diharapkan dapat menginisiasi aksi-aksi riil di tengah masyarakat berupa program-program nyata bagi masyarakat. “Sebagai follow-up, mereka kita minta untuk menyiapkan program riil untuk masyarakat. Seperti Gerakan Mukena Bersih dan lainnya. Istilahnya itu, masing-masing bertekad untuk melakukan satu kebaikan dalam satu hari,” sambung Kartini yang juga mengatakan, sepekan sesudah pelatihan berlangsung mereka telah sepakat untuk bertemu bersama leader grup volunteer masing-masing dan membahas langkah-langkah ke depannya. Ayo! Wujudkan kepeduliaan dengan melakukan #1Hari1Kebaikan. (KJ-04)

 DD Sumsel Pelatihan Kerelawanan

DD Sumsel Pelatihan Kerelawanan

DD Sumsel Pelatihan Kerelawanan

DD Sumsel Pelatihan Kerelawanan

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter