Doa Anak Yatim Mustajab dan Manfaat Menyantuni Anak Yatim

Banyak yang beranggapan bahwa anak yatim, anak yang ditinggal meninggal ayahnya, bandel dan nakal. Mungkin memang anak yatim di sekitar kita terlihat bandel dan nakal. Meski begitu, kita juga perlu peduli dengan mereka dan sekiranya membantu sesuai dengan kemampuan kita. Juga, kita perlu menjaga mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Adapun yang beranggapan bahwa doa anak yatim mustajab. Benarkah?

Penjelasan Doa Anak Yatim Mustajab atau Tidak

Sebenarnya, tidak ada dalil spesifik mengenai mustajabnya doa anak yatim. Namun, Allah SWT. berfirman di Surah Ad-Dhuha ayat 9 yang memiliki arti sebagai berikut:

“Adapun anak yatim, janganlah kau menghardiknya.” (Ad-Dhuha:9)

Allah berfirman bahwa janganlah kita menghardik dan berbuat kasar kepada anak yatim. Rasulullah SAW. juga memrintahkan kita untuk menyayangi anak yatim. Dalam satu hadist, Rasulullah pernah bersabda,

“Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jari yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Al-Bukhari).

Rasulullah SAW. mengisyaratkan bahwa orang-orang yang menanggung anak yatim akan tinggi kedudukannya dan akan cepat masuk surga nantinya. Begitu besar nikmat akhirat yang akan didapatkan bagi orang-orang yang menjaga dan bahkab menyantuni anak yatim. Meski tidak ada dalil yang menyatakan doa anak yatim mustajab namun Allah SWT. berjanji akan mempercepat terkabulnya doa-doa orang yang menyantuni anak yatim.

Baca juga: Ukir Senyum Anak Yatim, Dompet Dhuafa dan Otella & Buranchi Restaurant Jalin Kolaborasi Kebaikan

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni dan menjaga anak yatim merupakan perbuatan yang sangat dicintai Allah SWT. dan juga Rasulullah SAW. Adapun sabda Rasulullah yang diabadikan dalam sebuah hadist:

“Ada seseorang yang datang kepada Rasulullah SAW. dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya, “sukakah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Ath-Thabrani).

Begitu dimuliakannya anak yatim dalam Islam. Bagi yang menyantuni dan menyayanginya akan mendapat imbalan dari Allah berupa terpenuhinya kebutuhan hamba-Nya. Tidak hanya itu, doa orang yang merawat anak yatim juga lebih cepat dikabulkan. Mereka yang menyantuni anak yatim akan dipermudah urusannya oleh Allah SWT. dan diangkat beban-bebannya. Adapun manfaat lainnya adalah terhindar dari siksa di akhirat kelak. Doa yang dihaturkan oleh anak yatim kepada mereka yang mengasuh anak yatim akan membantu para pengasuhnya untuk masuk surga. Maka dari itu, sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menyantuni dan mengasuh anak yatim.

Bagi Sahabat yang mau menyantuni anak yatim dalam bentuk donasi atau sedekah, bisa langsung menuju Dompet Dhuafa Sumsel untuk menyisihkan sebagian hartanya. Ayo, donasi sekarang!

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter