DD Sumsel Mitra Anda Salurkan Zakat di Palembang

Antusiasme masyarakat untuk membayar zakat di Palembang mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Apalagi dengan hadirnya beberapa lembaga amil zakat di kota Palembang beserta kemudahan pembayaran dan variasi program penyaluran, mampu membuat masyarakat lebih tertarik untuk membayar zakatnya melalui lembaga zakat resmi yang ada.

Salah satunya adalah Dompet Dhuafa (DD) Sumsel. Sebagai salah satu lembaga zakat yang ada di Kota Palembang, DD Sumsel berupaya untuk terus mengedukasi tentang pentingnya zakat serta sekaligus memberikan solusi penyalurannya. Termasuk pemberdayaan dan aneka layanan kepedulian yang langsung kepada dhuafa.

“DD Sumsel sudah satu tahun terakhir hadir di kota Palembang. Sebelumnya, Dompet Dhuafa melalui jejaring Lazda (Lembaga Amil Zakat Daerah, red) Dompet Sosial Insan Mulia telah duluan memberikan edukasi zakat kepada masyarakat di kota Palembang khususnya dan Sumatera Selatan umumnya,” ujar Dessi Arisanti Pimpinan Cabang DD Sumsel saat ditemui di ruang kerja.

Dalam meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga yang dipimpinnya, Dessi menyebutkan beberapa hal yang telah dilakukan. “Awalnya adalah dengan intens memberikan edukasi tentang pentingnya zakat kepada lapisan masyarakat dengan memanfaatkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan”, tutur Dessi.

Dari sana, DD Sumsel baru beranjak pada tawaran sinergi kepada lembaga dan korporat untuk menyalurkan dana filantropi mereka, baik zakat karyawan maupun dana CSR (Corporate Social Responsibility, red). “Jadi ada tahapannya. Dan semua itu kita lakukan sejalan dengan pengembangan kreativitas program berbasis lokal dan kebutuhan masyarakat dhuafa. Sehingga apa yang kita tawarkan memang telah kita kerjakan”, terang Dessi.

Sebagai salah satu lembaga amil zakat di kota Palembang, DD Sumsel memiliki beberapa program unggulan yang menyasar asnaf-asnaf yang berhak menerima dana zakat. “Saat ini, fokus kita pada tiga program utama yakni layanan kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Di bidang layanan kesehatan kita punya yang namanya Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC). Program ini memberikan kemudahan kepada para dhuafa untuk mengakses fasilitas kesehatan dan pengobatan secara gratis”, sampai Dessi.

Ia juga menuturkan, untuk di bidang pendidikan DD Sumsel memberikan bantuan beastudi bagi para pelajar, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Selain itu secara spesifik, DD Sumsel memberikan tambahan keterampilan kepada anak yatim dhuafa melalui program Yatim Kreatif Indonesia (Yakin) dan Save Street Children Palembang (SSCP). Di mana kedua sub program ini memberikan pendidikan dan keterampilan di bidang life skill dan character building.

Sedangkan di bidang pemberdayaan Ekonomi, DD Sumsel punya program Ibu Tangguh dan bantuan kepada pengrajin kecil. “Semua pembiayaan tersebut berasal dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf dari masyakat. Sehingga, semakin banyak yang  berzakat maka akan semakin banyak pula program yang dapat kita kreasikan untuk dhuafa”, ujarnya lagi.

DD Sumsel yang beralamat di Jl Angkatan 66 No 435C Sekip Ujung Palembang ini, juga memberikan kemudahan bagi para donatur yang tidak sempat datang langsung melalui transfer via ATM, internet banking, atau SMS banking ke rekening zakat a.n. DD Sumsel : 113.000.765.3482 (Mandiri), 9696.933.78 (BNI Syariah) dan 524.01.0005.0005 (CIMB Syariah). Selain itu, sebagai lembaga zakat di Palembang yang profesional, DD Sumsel juga mempunyai layanan jemput dana zakat dengan cara menghubungi telpon DD Sumsel 0711 814 234 atau SMS ke nomor 0811 713 746. (*)

 DD Sumsel lembaga zakat di Palembang

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter