DD Sumsel bersama Ormawa Unsri Salurkan Bantuan Korban Banjir Lahat

DD Sumsel Serahkan Bantuan Korban Banjir Lahat

DD Sumsel Serahkan Bantuan Korban Banjir Lahat

Banjir besar beberapa hari lalu yang melanda daerah Lahat dan sekitarnya telah banyak menimbulkan banyak kerugian. Walaupun tidak sampai merenggut korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tanah longsor, lahan pertanian gagal panen, terowongan kereta api tertimbun serta pemukiman yang terendam hingga ke atap rumah telah menimbulkan penderitaan bagi para warga. Bantuan pun berdatangan dari berbagai pihak. Mulai dari pemerintah hingga swasta, dari kebutuhan pokok, pangan, selimut dan pakaian menunjukkan solidaritas sesama anak negeri.

Dompet Dhuafa (DD) Sumsel bersama dengan organisasi kemahasiswaan (ormawa) yang ada di Universitas Sriwijaya (Unsri) bergerak cepat mengumpulkan donasi. Penggalangan dana selama dua hari, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.24.620.000.

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 4

Ormawa tersebut di antaranya, Ikatan Mahasiswa Lahat (IKAMALA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Unsri, BEM Fakultas se-Unsri, serta Ormawa KM Unsri bersatu menggalang dana dan telah menyerahkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang terdampak banjir dalam bentuk bantuan alat sekolah.

“Alhamdulillah, total hasil donasi dari teman-teman ormawa dan DD Sumsel telah kita salurkan pada Kamis kemarin (28/1) melalui SMJ (Solidaritas Mahasiswa Jempol, red) ke enam desa yang ada di Kabupaten Lahat. Enam desa ini yang paling parah diterjang banjir besar beberapa hari silam”, ujar Febri Walanda koordinator SMJ melalui release yang diterima DD Sumsel via email.

Dikatakannya, dana yang terkumpul itu dikonversi menjadi peralatan sekolah, mulai dari seragam sekolah, tas, sepatu dan alat tulis untuk siswa SD hingga SMA. “Adapun total dana yang terkumpul selama penggalangan donasi 2 hari kemarin sebesar Rp.24.620.000,-. Kesemua dana tersebut telah kita konversikan dan salurkan menjadi 88 pasang Seragam Sekolah, 102 tas sekolah, 153 pasang sepatu sekolah dan 44 lusin buku tulis”, imbuh Febri memberikan rincian.

Enam desa yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Desa Tanjung Talang (Kecamatan Gumay Talang), Desa Tanda Raja, Desa Muara Danau, Desa Bunga Mas, Desa Gunung Kembang dan Desa Batai.

Senyum sumringah dan terharu dari bibir masyarakat yang menjadi korban banjir, lebih dari cukup untuk menggambarkan rasa syukur atas donasi yang telah mereka terima. Setidaknya, dalam kondisi susah mereka masih bisa merasakan hangatnya persaudaraan dari orang-orang yang jauh, kenal pun tidak. Namun dengan bahasa kemanusiaan, mereka mengerti bahwa itulah yang namanya saudara.

Febri menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur terutama rekan-rekan mahasiswa yang telah ikhlas membantu meringankan beban para korban banjir. Di ujung surat, Febri menuliskan #SalamSolidaritas! (KJ-04/*)

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 7 DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 8

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 6

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 6

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 5

DD Sumsel Bantu Korban Banjir Lahat 2

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter