Beri Layanan Kesehatan Nonstop di Lokasi Gempa Cianjur, Tim RDK LKC Dompet Dhuafa Raih Penghargaan Kemanusiaan dari Kemenkes RI

CIANJUR, JAWA BARAT – Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan kemanusiaan kepada Tim Respons Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa atas pelayanan yang diberikan kepada para penyintas di lokasi bencana Gempa Cianjur.

Penghargaan ini diberikan Kemenkes RI pada acara Debriefing Pascatanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Cianjur dan Pemberian Penghargaan kepada Relawan Kesehatan yang digelar di Lapangan BBPK Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (16/1/2023).

Kemenkes menilai bahwa Dompet Dhuafa melalui Tim RDK LKC-nya sudah sangat berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya kemanusiaan dalam masa respons darurat bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur sejak 21 November 2022 hingga kini.

Baca juga: Alhamdulillah, Dompet Dhuafa Kembali Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Fundraising Award 2022

penghargaan-kemanusiaan-kemenkes
Tim Respons Darurat Kesehatan (RDK) LKC Dompet Dhuafa meraih penghargaan kemanusiaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI

Pada penghargaan ini, Tim RDK LKC Dompet Dhuafa masuk dalam kategori tim medis yang datang merespons dengan cepat, yakni di bawah 12 jam setelah gempa terjadi.

Plt. Pusat Krisis Kesehatan Kementerian, dr. Sumarjaya, SKM, MM, MFP, C.F.A memberikan penghargaan kemanusiaan ini secara langsung kepada perwakilan Tim RDK LKC Dompet Dhuafa yang juga Penanggung Jawab Respons selama bencana di Cianjur, yakni Muhammad Faisal.

Peran RDK LKC Dompet Dhuafa di Lokasi Bencana

Menurut Faisal, sejak awal terjadinya bencana gempa di Cianjur, Tim RDK LKC Dompet Dhuafa sudah langsung merespons dengan menurunkan sejumlah tim kesehatan ke lokasi bencana.

Bahkan, hingga kini Tim RDK LKC Dompet Dhuafa masih tetap bertahan di lokasi bencana selama masa-masa transisi serta recovery rekonstruksi, dan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada para penyintas gempa Cianjur.

penghargaan-kemanusiaan-kemenkes
Tim Respons Darurat Kesehatan (RDK) LKC Dompet Dhuafa meraih penghargaan kemanusiaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI

“Sejauh ini kita mencoba untuk tetap bertahan dan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada korban gempa Cianjur. RDK sudah terhitung 55 hari, masih bertahan untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan kepada korban gempa Cianjur,” ujar Faisal.

Lebih lanjut, Faisal juga memaparkan berbagai kegiatan yang digulirkan oleh Tim RDK LKC Dompet Dhuafa selama terlibat dalam bencana gempa di Cianjur.

“Selama bencana gempa di Cianjur, layanan Tim RDK melakukan respons berupa layanan ambulans rujuk balik pasien, pos medis 24 jam, layanan gizi bencana, mobile health service, promosi kesehatan dan melakukan serangkaian rapat koordinasi kluster kesehatan,” tutur Faisal.

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter