Sosial dan Kebencanaan

Layanan Mustahik

Layanan mustahik merupakan rangkaian kegiatan yang berorientasi kepada pelayanan dan konsultasi problematika masyarakat dengan pola pendekatan dakwah, sehingga dapat meningkatkan harkat dan martabat kaum duafa. Adapun pelayanannya dengan menggunakan dua pola, yakni layanan pasif (mustahik mendatangi kantor Layanan DDSumsel) dan layanan aktif (jemput bola dengan mendatangi mustahik atau bersinergi dengan mitra lokal).

Program ini bertujuan untuk menjaga kehormatan mustahik, menggali permasalahan mustahik dan mencarikan solusinya, juga sebagai tempat untuk mengadukan permasalahan. Kriteria penerima manfaat program ini terbagi menjadi enam, yakni fakir, miskin, mualaf, gharimin, ibnu sabil, dan fi sabilillah. Penerima manfaat tersebar di wilayah Sumatera Selatan.

Hadiah Mualaf

Program berbagi kebutuhan dasar bagi mualaf seperti kebutuhan pakaian syari, buku keislamanan dan lainnya.

KeBIKEan Bersedekah

Program berbagi makanan kepada pekerja pencari nafkah yang beraktivitas di jalan raya, seperti penyapu jalan, tukang becak, ojek, pemulung, dan lainnya.

Disaster Managemant Canter (DMC)

Pengelolaan kebencanaan masa pra-bencana (tanggap darurat) dan pemulihan pasca bencana, termasuk kegiatan mitigasi bencana.

Ruang Relawan

Program merawat relawan baik relawan DDV, komunitas, super volunteer maupun influencer dengan aktivitas olahraga, temu relawan, capacity building, dan lainnya.

Podcast SosBen

Edukasi pengetahuan umum berbasis digital mengenai sosial dan kebencanaan.

bagikan ke >>

WhatsApp
Facebook
Twitter