We Stand for Rohingya!

Sumber Sukan Star TV

Sumber Sukan Star TV

Terulang lagi! Gelombang pengungsi Rohingya kembali menyentak kita. Setelah ‘Manusia Perahu’ yang lalu, kini puluhan ribu anak dan wanita mengungsi ke Banglades. Mereka harus memilih, mati terbakar bersama desanya, atau pergi terserah mau kemana.

Duka dan derita sudah menjadi teman akrab etnis Rohingnya selama puluhan tahun. Masih segar dalam ingatan 5 tahun lalu konflik pecah di Myanmar awal nestapa merenggut ratusan jiwa dan ratusan ribu lainnya mencoba menyelamatkan diri, etnis Rohingya masih tak jelas arah hingga hidup terlunta.

Kini konflik kemanusiaan kembali pecah di Buthidaung, Rakhine State, Myanmar pada (26/8). Konflik dipicu oleh penyerangan sekitar 30 kantor polisi sehari sebelumnya. Akibatnya, beberapa hari kemudian korban meninggal dan terusir terus bertambah, terutama anak-anak dan wanita.

Masyarakat sipil termasuk perempuan dan anak-anak menjadi korban dari aksi tersebut, rumah-rumah mereka hancur sehingga memaksa mereka berpindah untuk mencari tempat yang lebih aman. Etnis Rohingya terus mengalami penderitaan bertubi-tubi.

Dompet Dhuafa mengecam konflik ini dan meminta agar konflik segera dihentikan. Upaya diplomasi ke pemerintah Myanmar pun dilakukan. Koordinasi dengan Kemenlu RI, Kedutaan besar RI di Yangon, serta Aliansi Kemanusiaan Indonesia – Myanmar telah dilaksanakan.

Saat ini tim kemanusiaan Dompet Dhuafa pusat sedang berada di Myanmar. Tim bertugas menyalurakan bantuan bagi korban. Telah distribusikan hewan kurban berupa 20 ekor sapi masyarakat Indonesia utk korban pengungsi Myanmar. Selain program kurban untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Myanmar, Dompet Dhuafa juga akan meneruskan upaya rekonsiliasi konflik melalui program-program kemanusiaan di bidang pendidikan dan livelihood, kesehatan, dan WASH.

Rohingya menanti kesadaran manusia di bumi untuk mengakui dan menerimanya. Rohingya, etnis yang paling teraniaya di bumi, menunggu bantuan kita yang lebih berdaya untuk menyuarakan hak-haknya. Karena mereka keluarga kita.

Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bersimpati dan membantu ringankan beban saudara kita di Myanmar melalui :
BNI Syariah 9696.933.56
Mandiri 113000.765.3474
an. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

#Tambahkan angka 10 di donasi Anda, contoh Rp. 100.010,-

Donasi online: www.ddsumsel.org/donasi

Informari dan Konfirmasi:
Telp: 0711 814 234
WA : 0811 7811 440

Posted in Artikel and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 views