Tri & Dompet Dhuafa Sumsel Berikan Layanan Kesehatan Gratis

Palembang-Dalam satu pekan terakhir, kabut asap sangat tebal dan pekat. Baru pada dua hari terakhir, kabut asap sedikit menipis. Namun, saat pagi atau sore, asap masih terasa.
Itu karena, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di beberapa titik di Sumatera Selatan.
Tri (3) Indonesia bersama Huawei bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (Sumsel) selama dua pekan terakhir ‘berperang’ melawan kabut asap di Sumsel. Layanan kesehatan gratis diberikan kepada masyarakat Sumsel yang terkena dampak kabut asap.
“Kita berikan layanan kesehatan gratis di lima tempat yang menjadi terdampak asap dengan target 1.250 orang,” kata Manajer Program Dompet Dhuafa Sumsel, Rizky Azmuni, Senin (21/10/2019).
Layanan kesehatan pertama dilakukan di Desa Dabuk Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Selanjutnya, layanan kesehatan yang sama juga dilakukan setiap hari Senin-Junat di Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) yang menjadi safe house Dompet Dhuafa Sumsel, yang berada di 7 Ulu Palembang.
“Kita juga berikan layanan kesehatan gratis di Sungai Rebo, Kabupaten Banyuasin, Mushola Albadar, Kenten Palembang, Musholah Annur di Ponpes Alfala,” ungkapnya.
Pemilihan lima tempat ini, karena masyarakat di sekitar merasakan langsung dampak asap dan dirasa perlu menjalani pemeriksaan dan bantuan kesehatan.
Masyarakat yang datang ke posko layanan kesehatan diperiksa kesehatan, diberikan vitamin, suplemen, susu, bantuan pernapasan dengan tabung oksigen jika memang dibutuhkan dan lain sebagainya.
“Kami juga bagi-bagi masker untuk melindungi dan meminimalisir dampak asap,” ujarnya. (zal)
Posted in Kemanusiaan, Kesehatan, Korban Kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *