Serunya Puncak Agenda Roadshow Kampanye Edukasi CTPS Bersama DD Sumsel


.
Setelah melakukan rangkaian roadshow kampanye edukasi Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) 2018 dari Palembang hingga OKU Timur, akhirnya Minggu, (21/10) berlokasi di Rumah Cagar Budaya Kampung Kapitan kampanye yang dilakukan oleh Program Kesehatan Dompet Dhuafa (DD) Sumsel ini tiba pada puncak agenda.
.
Puncak agenda kampanye edukasi HCTPS 2018 ini berupa Talkshow Kesehatan dan Pengumuman Pemilihan Duta Cuci Tangan Versi DD Sumsel. Talkshow ini menghadirkan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Palembang, yakni dr. Rustina (Ka. PKM 7 Ulu) dan perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Sumsel yakni dr. Erika.
.
“Keduanya menjadi pemateri pada agenda Talkshow kali ini, dimana mereka menyampaikan materi berupa pentingnya CTPS bagi kehidupan sehari-hari dan mencegah kesakitan pada anak,” ungkap Mutiara NF selaku Divisi Program Kesehatan DD Sumsel.
.
Menurut Mutiara, agenda kali ini bisa terlaksana karena kerjasama dengan berbagai pihak, yang terus berusaha membantu untuk mensupport agenda ini hingga akhir. Beberapa diantaranya adalah dengan relawan sehat, serta beberapa mitra terkait, yaitu Dinkes Kota Palembang dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Prov Sumsel serta Kelurahan 7 Ulu sebagai pemerintahan setempat, Juga beberapa sekolah yang ada di Sumsel.
.
“Harapannya yang pasti kembali mengingatkan betapa pentingnya manfaat CTPS bagi kesehatan kita. Karena CPTS merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit yang murah namun efektif dan efisien, terbukti dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan,” papar Mutiara.
.
Roadshow kampanye CTPS sendiri sudah dimulai dari tanggal 12-20 Oktober 2018, Dan puncaknya jatuh pada 21 Oktober 2018 kemarin. Dalam kampanye ini, tim melakukan edukasi tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun, kemudian diadakan juga demonstrasinya, dan diakhiri dengan cuci tangan massal bersama siswa-siswi sekolah yang didatangi.
.
Tanggal 15 Oktober adalah hari cuci tangan sedunia pakai sabun yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit. Menurut penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical mengungkapkan, mencuci tangan pakai sabun merupakan tindakan preventif paling sederhana yang dapat dilakukan kita semua. Dari anak kecil hingga orang tua. Empat puluh tujuh persen kematian akibat diare dapat ditekan dengan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun.
.
Dompet Dhuafa (DD) Sumsel merupakan salah satu yang memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) 2018 dengan melakukan roadshow edukasi CTPS ke beberapa SD/MI di kota Palembang dan Sumsel.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

40 views