Seleksi ‘Sahabat Fundraising’ DD Sumsel Masuki Tahapan Wawancara

Suasana tes wawancara sahabat fundraising DD Sumsel (9-10/4)

Suasana tes wawancara sahabat fundraising DD Sumsel (9-10/4)

Salah satu tahapan seleksi bagi calon Sahabat Fundraising Dompet Dhuafa (DD) Sumsel adalah seleksi wawancara. Tahapan tersebut dilakukan di kantor DD Sumsel pada Senin-Selasa (9-10/4). Tahapan ini dilakukan setelah proses seleksi administrasi yang dilakukan pekan kemarin. Peserta tes dibagi ke dalam dua waktu, yakni Senin dan Selasa.

Selain melakukan edukasi tentang zakat, mereka juga akan ditempatkan sebagai staf layanan konter Zakat selama bulan Ramadhan mendatang. Menurut Syarif Hidayatullah salah satu panitia seleksi, selama 2 hari proses wawancara total ada 55 orang yang sudah diwawancarai.

“Proses wawancara dilakukan 2 hari, dimana senin kemarin ada 33 orang, dan selasa ada 22 orang. Kita ingin mewawancarai calon fundraiser ini untuk mengenal mereka lebih dekat dan mengidentifikasi potensinya,” jelas Syarif.

Syarif juga berharap proses tahapan rangkaian seleksi akan menghasilkan  fundraiser yang berkomitmen penuh untuk berkontribusi selama bulan puasa mendatang. Ia juga menambahkan, panjangnya proses seleksi ini akan meningkatkan semangat persaingan antar fundraiser.

“Ini bagian dari kompetisi antar peserta dalam hal kebaikan, seemoga ini adalah bukti keseriusan para calon fundraiser untuk terlibat dalam aktifitas edukasi dan penghimpunan Zakat DD Sumsel nantinya” tegas Syarif.

Total menurut Syarif ada, 134 peserta yang sudah mengajukan diri sebagai Sahabat Fundraising Dompet Dhuafa (DD) Sumsel baik yang mengantarkan berkas langsung maupun melalui pendaftaran online.

“134 Pendaftaran, kemudian mereka di seleksi untuk mengikuti tahapwawancara, setelah itu masuk lagi ke tahap selanjutnya training fundraising DD Sumsel, ini termasuk dalam seleksi juga yang insyaallah akan dilaksanakan tanggal 21-22 April,” Papar Syarif.

Relawan menjadi ujung tombak dalam hal edukasi dan penghimpunan zakat selama bulan Ramadhan. Panjangnya masa tugas saat Ramadhan nanti yang bertepatan pula dengan masa libur kuliah, mengharuskan panitia seleksi bekerja keras dalam memilih calon fundraiser. Sehingga mampu dihasilkan relawan yang berwawasan luas dan bermotivasi tinggi untuk berdakwah di bidang zakat ini.

Menurut Syarif, beberapa aspek yang dinilai dalam sesi wawancara ini adalah dari pemahaman dasar tentang Zakat, Infak/Sedekah, tingkat profesionalitas peserta, motivasi serta mental dan etika.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *