Roadshow Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama DD Sumsel

Tanggal 15 Oktober adalah hari cuci tangan sedunia pakai sabun yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit. Menurut penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical mengungkapkan, mencuci tangan pakai sabun merupakan tindakan preventif paling sederhana yang dapat dilakukan kita semua. Dari anak kecil hingga orang tua. Empat puluh tujuh persen kematian akibat diare dapat ditekan dengan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun.

Dompet Dhuafa (DD) Sumsel merupakan salah satu yang memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) 2018 dengan melakukan roadshow edukasi CTPS ke beberapa SD/MI di kota Palembang dan Sumsel.

Pekan ini, sudah ada 2 sekolah yang tim DD Sumsel datangi dalam rangka roadshow edukasi CTPS. Kedua sekolah tersebut ialah SDIT Azizah pada tanggal 12 Oktober dan MI Iklasiah pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

Dalam kampanye ini, tim melakukan edukasi tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun, kemudian diadakan juga demonstrasinya, dan diakhiri dengan cuci tangan massal bersama siswa-siswi tersebut.

Dalam agenda ini juga diadakan cap tangan bersama siswa-siswi SD/MI sebagai tanda dukungan mereka mendukung gerakan CTPS.

“Dengan kampanye aksi CTPS yang kita lakukan di beberapa SD/MI dengan maksud mengajak anak-anak untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir, mencuci tangan ini hal sepele yang terkadang lupa dilakukan”kata Mutiara NF selaku Divisi Program Kesehatan Dompet Dhuafa Sumsel.

Dalam waktu dekat, atau lebih tepatnya pada hari Kamis (18/10) roadshow kampanye CTPS ini akan terus berlangsung hingga ke Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dan mendatangi SDN 1 Cempaka, OKUT untuk bersama mendukung gerakan ini.

Berikut ini ada 7 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO (World Health Organization):

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Jangan lupa pada bagian jari-jari tangan untuk digosok di sela-sela jari hingga bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok dengan perlahan.

7. Bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.
Mencuci tangan pakai sabun ini bisa dilakukan sebelum makan dan setelah makan, setelah BAB, setelah memegang hewan, setelah bermain, setelah batuk/bersin, dan saat tangan kotor.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 views