Program Parenthing Tahap Tiga Di SD Pidua Meranjat dan SDN 8 Indralaya Utara


.
Salah satu program yang diselenggarakan melalui program pendampingan oleh Sekolah Literasi Indonesia ialah Parenting Class. Untuk di Kab. Ogan Ilir sendiri Parenting Class sudah memasuki tahap ketiga dan dilaksanakan pada Kamis, (4/10) dan Jum’at (5/10) di SD Pidua Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan dan SDN 08 Indralaya Utara, OI.

Parenting dengan tema “Tahap Perkembangan Anak dan Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Usia” ini di pimpin langsung oleh Nida Fadlilah dan Ravika Lisa Indra. , yang juga merupakan pendamping SLI di OI dan di hadiri para orang wali atau orangtua siswa dari kelas satu dampai kelas enam.

Kepala Sekolah SD Pidua Meranjat Bapak Nukman H. Maknum, A.Md. mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang dilakukan, begitupun juga dengan Komite SD Pidua Meranjat Bapak Medi Irawan, M.Si., juga memberikan apresiasi yang baik dan berharap orangtua dapat terlibat aktif dalam mensinergikan program sekolah dengan bimbingan dari orangtua di rumah.

Menurut Vika Fadlilah, orangtua memiliki peranan besar dalam pembetukan perilaku dan dan kecerdasan anak oleh karena itu diharapkan orangtua memberikan pendidikan yang baik, supaya kelak anak berguna dan memiliki perilaku yang baik untuk dunia maupun akhiratnya.

“Orangtua berperan hanya sebesar 30% untuk meningkatkan kecerdasan anak, sedangkan sekolah sebesar 70% dalam meningkatkan kecerdasan akal dari anak, sehingga disebut dengan istilah pengajaran. Sedangkan sekolah dalam pembukan perilaku anak berperan sebesar 30% dan orangtualah yang lebih banyak berpengaruh terhadap anak yaitu sebesar 70% dalam pendidikan perilaku anak,” Papar Nida saat menyampaikan materinya Kamis (4/10).

Setelah sebelumnya Nida Fadlilah menyampaikan parenting class tahap tiga di SD Pidua Meranjat, esoknya Jumat (5/10) giliran SDN 08 Indralaya Utara yang diberikan materi tesebut namun kali ini bukan oleh Nida Fadlilah, namun partnernya yakni Ravika Lisa Indra.

Acara dimulai pukul 08.45 WIB dengan dipandu oleh Bapak Dr. Sukamsi. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh kepala sekolah yaitu Ibu Hj. Kasianah, lalu dilanjutkan oleh sambutan dari ketua komite yaitu Ibu Lilik Rustiantini. Ibu Hj. Kasianah melalui sambutannya menyampaikan bahwa kordinasi antara orang tua/wali siswa dengan pihak sekolah melalui kegiatan parenting sangat penting demi terwujudnya efektivitas pendidikan.

Namun berbeda dengan di SD Pidua Meranjat, di akhir sesi kegiatan parenting class SDN 08 Indralaya Utara diadakan penggalangan dana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Selama pendampingan yang dilakukan lebih kurang satu tahun oleh Konsultan Sekolah Literasi Indonesia program parenting dilakukan sebanyak dua kali, untuk memberikan pengarahan pada orangtua untuk dalam keterlibatannya untuk pendidikan maupun perilaku anak di lingkungan rumah.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 views