(Press Release) Kurbanesia: Menjawab Panggilan Zaman

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” QS. (22): 34

Tebar Hewan Kurban, merupakan sebuah gerakan nasional untuk menyebarluaskan daging kurban ke daerah-daerah terpencil, terbelakang, rawan gizi, rawan penyimpangan aqidah, dan daerah bencana di seluruh Indonesia.

Sehingga kurban dapat memberikan kontribusi dalam memenuhi keterbutuhan dan kemiskinan pangan di seluruh Indonesia khususnya Wilayah Sumatera Selatan.

Sejak 1994 Dompet Dhuafa telah menghadirkan program Tebar Hewan Kurban yang menyebarkan manfaat hingga ke pelosok indonesia dan masyarakat terpencil.

Program ini berawal dari cita-cita mendistribusikan berkah daging hewan kurban ke daerah- daerah yang tak terjangkau melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri, dengan tujuan agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya lduI Adha.

Bayangkan, kurban Anda didistribusikan ke pelosak negeri dan dunia. Melintasi lautan nan luas, melintasi daratan yang sulit dilalui, melintasi batas wilayah yang jarang terjamah, atau melintasi negara yang berkecamuk karena konflik.
Sungguh terasa berkahnya bagi mereka yang menerima.

Terhitung sudah 23 tahun hadir dan menjadi program unggulan Dompet Dhuafa dalam penyaluran hewan kurban, THK telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor setara dengan kambing, sementara untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 Kepala Keluarga dengan sebaran hingga 33 Provinsi di Indonesia.

Tahun ini Dompet Dhuafa kembali melaksanakan program Tebar Hewan Kurban (THK) dengan “KURBANESIA, Menjawab Panggilan Zaman” sebagai tema kurban tahun ini. Tema ini didasari pemikiran bahwa ibadah kurban hadir dan dilaksanakan sepanjang zaman bukan semata untuk keberkahan sang pekurban saja tetapi keberkahan untuk segenap masyarakat dhuafa yang juga merasakan manfaat dari kurban.

THK Dompet Dhuafa Sumsel tahun ini menargetkan menghimpun 278 hewan kurban setara kambing atau domba dan akan mendistribusikan daging kurban ke pelosok-pelosok di Sumatera Selatan selama 4 hari penyaluran yakni di hari Idul Adha dan dilanjutkan selama 3 hari sepanjang hari Tasyrik.

“Beberapa diantaranya yakni daerah Jayalaksana, Pegayut, Pulau Salah Nama, Pulau Rimau, Indralaya Utara, Betung, Sungai Rengit, Sukomoro, Lebong Gajah, dan beberapa daerah di Lubuk Linggau dan Musi Rawas. Kemudian ada daerah-daerah lain yang masih dalam tahap survei dan insya Allah nanti akan bertambah lagi,” Jelas Dahlia Oktamia selaku Supervisor Fundrasing Dompet Dhuafa Sumsel sekaligus ketua THK Sumsel tahun ini.

Selain itu, Kurban juga akan disalurkan untuk korban bencana di Lombok dan daerah konflik luar negeri yaitu di Palestina, Suriah, dan Myanmar-Rohingya.

Dompet Dhuafa Sumsel mengajak masyarakat untuk berkurban melalui THK, lima manfaat yang dapat dipetik yakni mewujudkan pemerataan daging kurban dengan mendistribusikan daging ke wilayah yang membutuhkan, masyarakat mendapatkan laporan kurban secara transparan sehingga keterpercayaan tetap terjaga. Melalui THK masyarakat diajak untuk turut membantu memberdayakan peternak lokal yang sudah melalui tahapan seleksi serta pendampingan oleh Dompet Dhuafa, masyarakat mendapatkan hewan kurban yang berkualitas dan masyarakat diajak untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan adanya penyebaran kurban yang merata diharapkan terciptanya kebutuhan gizi yang cukup.

Harga Hewan Kurban Sumsel
1. Kambing/Domba Standar Rp 1.875.000,-
2. Kambing/Domba Premium Rp 2.350.000,-
3. Sapi Rp 16.500.000,-

Harga Hewan Kurban Nasional
1. Kambing/Domba Standar Rp 1.975.000,-
2. Kambing/Domba Premium Rp 2.975.000,-
3. Sapi Rp 13.500.000,-

Harga Hewan Kurban Luar Negeri
1. Sapi Palestina Rp 29.975.000,-
2. 1/7 Sapi Palestina Rp 4.475.000,-
3. Sapi Rohingya Rp 16.975.000,-
4. 1/7 Sapi Rohingya Rp 2.475.000,-

DD Sumsel mempersiapkan berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat untuk berkurban melalui THK DD Sumsel. DD Sumsel menghadirkan booth kurban di titik-titik strategis, seperti kawasan perkantoran, Rumah Sakit Muhammad Hoesen, pusat perbelanjaan, seperti di Hypermart PSX dan 13 gerai 212 Mart di Kota Palembang serta instansi perbankan seperti BNI Syariah dan Bank Mandiri Palembang Arief.

Kemudian DD Sumsel tetap setia menghadirkan layanan jemput kurban, konsultasi 24 jam online seputar kurban. DD Sumsel berusaha menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat melakukan amal kebaikan. Mari dukung kami untuk terus menebarkan manfaat lebih luas kepada masyarakat dan mereka yang membutuhkan. Mari bersama kami membentangkan kebaikan seluas mungkin hingga ke penjuru negeri.

Untuk kemudahan, donasi KURBAN Anda bisa transfer melalui:
BNI Syariah 9696.933.56
Mandiri 1.130.007.653.474
an. Dompet Dhuafa Republika
Tambahkan kode donasi Rp 3,- pada donasi anda, misal Rp 2.000.003,-
atau melalui donasi kurban online: kurban.ddsumsel.org
Layanan Jemput Donasi Kurban :
Hubungi: 0811 7811 440 (sms/wa) atau 0711-376392

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 views