Press Release: HUNTARA, dari Kita Untuk Lombok


Bencana gempa yang melanda Lombok dan sekitarnya pada 5 Agustus 2018 yanga diiringi dengan gempa susulan telah menghancurkan sebagian besar rumah warga. Menurut Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial-Kementrian Sosial RI, saat ini jumlah tenda bantuan untuk tempat tinggal sementara para korban masih kurang 10.000 unit.

Hingga akhir Agustus, tercatat sudah 560 orang meninggal dunia akibat gempa bumi, dengan sebaran Kabupaten Lombok Utara 466 orang, Lombok Barat 40 orang, Lombok Timur 31 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Kota Denpasar 2 orang. Selain itu, sebanyak 1.469 orang luka-luka, pengungsi tercatat 396.302 jiwa tersebar di ribuan titik. Sedangan sebanyak 83.392 rumah rusak berat, 3.540 fasilitas umum dan sosial rusak.

Sementara itu para korban bencana masih berdesakan menempati bangunan yang dianggap aman dari bencana, namun kenyataannya tempat yang mereka tempati untuk bernaung sangat tidaklah layak.

Dompet Dhuafa bersama BNPB dan aparat terkait telah berada di sejumlah titik pengungsian sejak hari pertama kajadian. Melihat kejadian ini, tentu saja Dompet Dhuafa tidak tinggal diam. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meringankan beban para korban gempa , salah satu yang di inisiasi yaitu HUNTARA (Hunian Sementara) bagi ribuan pengungsi yang saat ini masih menempati pos pengungsian di wilayah Lombok dan sekitarnya. Huntara yang dibangun sudah melalui tahap uji coba untuk tingkat kenyamanan.

HUNTARA BALEMAN adalah model rumah yang dirancang dan dikembangkan dengan dimensi 4,8 x 4,8 m, dikerjakan dalam durasi 9 jam 9 menit, 6 orang pekerja dengan biaya Rp 9.900.000,- perunit.

Dengan HUNTARA BALEMAN, Dompet Dhuafa (DD) Sumsel berharap dapat memberikan kemudahan kepada korban agar segera memiliki hunian yang memberikan perlindungan secara cepat. Kemudian dengan HUNTARA BALEMAN, DD Sumsel juga berharap dapat memberikan akses rumah instan yang layak dan nyaman ketika digunakan dan memberikan alternatif model rumah darurat yang memiliki karakter ramah terhadap gempa (seluruh struktur bangunan menjadi satu kesatuan sehingga beban bangunan dapat ditopang kemudian dibagi secara bersamaan dan proporsional).

Menurut drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan, “Dompet Dhuafa memiliki desain konstruksi untuk Rumah Ramah Gempa. Desain ini disiapkan untuk fase transisi respon ke recovery sambil menunggu rekonstruksi dari Pemerintah. Dari semua kanal jaringan Dompet Dhuafa, termasuk CSR, BUMN dan Penerintah melalui BNPB dan PUPR, merencanakan akan membangun 15 ribu unit Huntara”, Jelas Imam.

“Dompet Dhuafa berharap agar dalam masa transisi menunggu pemulihan kondisi oleh Pemerintah. Dengan Hunian Sementara ini, masyarakat secepatnya berkumpul sebagai satu keluarga yang utuh kembali. Tentunya juga semakin mudah untuk mulai menata kehidupan mereka ke depan. Sambil menunggu bantuan pemerintah sampai ke tangan mereka,” ucap drg. Imam Rulyawan, MARS.

Dompet Dhuafa dalam respon bencana gempa bumi Lombok, telah menurunkan tim rescue dari Disaster Management Center (DMC), Psychological First Aid, Dapur Umum, Dapur Keliling, Tenaga Medis seperti Dokter Spesialis Bedah dan Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Umum, Perawat, Bidan serta aktivis kemanusiaan lainnya.
Dalam tahap pertama, Dompet Dhuafa akan mendirikan 300 HUNTARA di berbagai titik wilayah terdampak. Yakni: 100 unit di Desa Kekait, Lombok Barat, 100 unit Desa Gol, Lombok Utara, 10 unit di Desa Karang Kendal, Lombok Utara, 90 unit di Desa Sambelian, di Lombok Timur.

Dukungan dari Menteri BUMN, Rini Soemarno Kementerian BUMN menjadikan HUNTARA Dompet Dhuafa sebagai percontohan hunian sementara yang akan dibangun kementerian BUMN di beberapa lokasi di Lombok Sebagai Lembaga Kemanusiaan Dunia, Dompet Dhuafa mengetuk hati para sahabat sekalian untuk turut serta tergabung dalam gerakan “Bangun Kembali Pulau Seribu Masjid” guna membantu para korban gempa bumi Lombok.

Kami mengajak Bapak/Ibu untuk berkontribusi ke dalam program di atas dengan berdonasi melalui channel yang kami miliki. Dana tersebut nantinya akan kami salurkan untuk membantu para korban gempa Lombok melalui program yang kami miliki.

Klik ddsumsel.org/donasi untuk salurkan donasi terbaik sahabat untuk para korban gempa Lombok.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 views