Pesta Literasi: Tumbuhkan Cinta Lingkungan dengan Literasi


.
Isu lingkungan menjadi topik yang selalu hangat dibahas. Menurut data yang terdapat pada laman kompas.com, disebutkan bahwa Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Disusul data dari idntimes.com bahwa volume sampah di Indonesia tahun 2018 mencapai 66.5 juta ton. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan berdampak serius terhadap lingkungan yang kita huni.
.
Mengingat bahwa topik lingkungan yang selalu hangat dan kepercayaan bahwa kepedulian terhadap lingkungan juga tercipta dari langkah-langkah kecil, maka Kawan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) penempatan Ogan Ilir mengadakan Pesta Literasi dengan tema “Menumbuhkan Cinta Lingkungan dengan Kegiatan Literasi” dengan sasarannya adalah sekolah-sekolah dampingan Sekolah Literasi Indonesia di Ogan Ilir.
.
Bertempat di SDN 14 Indralaya Utara, SLI berkerjasama dengan Forum Lingkar Pena Ogan Ilir mengadakan Pesta Literasi dengan tema “Menumbuhkan Cinta Lingkungan dengan Kegiatan Literasi”. Terdapat lima sekolah dampingan SLI yang terlibat dalam acara ini yaitu SDN 14 Indralaya Utara, SDN 08 Indralaya Utara, SD 24 Indralaya, SD Pidua Meranjat, dan MI Syafa’atut Thulab.
.
Dalam sambutannya, Raidy selaku perwakilan FLP OI menyampaikan bahwa mencintai lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Adapun Desty Rina Purnamasari selaku Divisi Program Pendidikan DD Sumsel yang juga turut hadir menyampaikan bahwa perlombaan literasi sangat penting untuk meningkatkan semangat serta motivasi siswa, dan hal tersebut sangat sesuai dengan tujuan diadakannya Pesta Literasi.
.
Terdapat empat lomba yang memeriahkan pesta ini, yaitu lomba menggambar untuk kelas rendah, lomba menulis surat dan menulis puisi untuk kelas tinggi, serta lomba alat peraga atau media pembelajaran untuk para guru.
.
Sutrisno, pemenang Lomba pada kategori Alat peraga dalam agenda tersebut menyampaikan antusiasnya dalam mengikuti perlombaan.
.
“Kegiatan SLI sangat bermanfaat. Saya sempat mutasi dari sekolah dampingan SLI sebelumnya, dan ilmu yang saya dapatkan saya coba terapkan. Anak-anak sungguh senang ketika diberi beragam tepukan yang saya dapat dari SLI. Alhamdulillah, saat ini saya berkesempatan untuk bergabung lagi bersama SLI dan mengikuti salah satu lombanya,” ungkap Sutrisno, yang juga merupkan pengajar di SDN 14 Indralaya Utara ini.
.
Semoga Pesta Literasi ini, menjadi sarana agar seluruh elemen sekolah dampingan SLI semakin semangat meningkatkan kompetensi diri. Begitupun antara SLI dan FLP Ogan Ilir semoga dapat menjalin kerjasama dalam kegiatan literasi berikutnya. Salam literasi!
.
#literasi #flp #sekolahliterasiindonesia #25tahunmembentangkebaikan #ddpendidikan #dompetdhuafa #30haribercerita #30HBC1905
@sekolahliterasi_id @dd_pendidikan @30haribercerita

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 views