Peringati Hari Relawan Sedunia, DDV Sumsel Gaungkan #1Hari1Kebaikan

.
Hari relawan internasional jatuh pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya. Merunut ke belakang, sejarah kerelawanan internasional dimulai pada tahun 1971 dengan dibentuknya organisasi yang menampung para relawan dari seluruh dunia di bawah bendera PBB, dan dikenal sebagai United Nation Volunteer (UNV).
.
Lembaga kemanusiaan dan dunia relawan seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan kedudukannya. Sejak Dompet Dhuafa lahir maka saat itu juga dunia kerelawanan tercetus. Secara resmi Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dilaunching pada tanggal 24 Maret 2013, DDV merupakan wadah bagi orang-orang yang tergerak dalam misi kemanusiaan dan membantu kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sukarela. Dengan kata lain, DDV berperan sebagai komunitas yang menjembatani niat-niat baik dari seseorang kepada orang lain dengan menggaungkan tagline #1Hari1Kebaikan
.
DDV Sumsel sendiri kini sudah memasuki tahun dan angkatan ke-5 nya, dan terus memberikan kotribusi positif terhadap masyarakat dan kehidupan social. Ahad, (2/12) dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional, berpusat di kawasan Kambang Iwak Family (KIF) Park, DDV Sumsel long march diseputaran KIF. Kegiatan ini juga akan dibarengi dengan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), kampanye peringatan hari volunteer internasional, dan sosialisi tentang kerelawanan itu sendiri kepada masyarakat kota Palembang.
.
Selain bekerjasama dengan PMI, agenda kemarin juga bekerjasama dengan berbagai komunitas di Palembang seperti Komunitas 1000 Buku, Sriwijaya Membaca, Himpunanan Mahasiswa Semende, Komunitas 1000 Beasiswa, Komunitas Pencita Sedekah, Sedekah Sehari Seribu, Jumat Berbagi Palembang, Jumat Sedekah Indonesia, Sahabat Darul Quran, dan Palembang Peduli Disabilitas.
.
“Kita melibatkan banyak komunitas dalam agenda ini, salah satu tujuannya yakni untuk memperingatkan hari lahirnya relawan dan mempersatukan relawan dalam 1 forum, kemudian juga untuk menjadikan wadah kebersamaan untuk setiap komunitas,” ungkap Arief Hidayat selaku Koordinator DDV Sumsel.
.
Dalam agenda ini juga, selain donor darah dan juga pawai terdapat rangkaian agenda lainnya seperti senam pagi, layanan kesehatan dasar oleh tim program kesehatan DD Sumsel, serta penampilan akustik dari relawan yang hadir.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

47 views