Pendidikan

Deskripsi
Pendidikan adalah kunci penting dalam perjalanan hidup seseorang. Pendidikan yang baik mampu mengubah nasib. Dengannya, status seseorang akan terangkat dengan sendirinya. Baik dari sisi sosial maupun ekonomi.

Hal inilah yang mendasari mengapa lini pendidikan mendapat perhatian lebih oleh Dompet Dhuafa Sumsel selaku lembaga zakat yang ada di Kota Palembang. Melalui beberapa program pendidikan, DD Sumsel memanfaatkan dana zakat, infak, sedekah dan Wakaf (Ziswaf) dari para donatur untuk membantu perbaikan pendidikan baik dari segi siswa, guru, maupun orang tua.

Program-program pendidikan tersebut di antaranya, Beasiswa Insan Mulia (BIM), Sriwijaya Master Teacher (SMT), Yatim Kreatif Indonesia (YAKIN), SMART Ekselensia Indonesia, Layanan Konsultasi Pendidikan (LKP), Rumah Baca Pintar Insan Mulia dan Sekolah Literasi Indonesia (SLI).

Yang jika disimpulkan dalam garis besar, ada tiga pola bantuan pendidikan yang diberikan. Yakni, pemberian bantuan pendidikan berupa alat tulis, perlengkapan sekolah dan beasiswa. Pemberian akses kepada lembaga pendidikan yang bermutu,baik kepada guru, siswa dan orang tua. Serta, yang ketiga berupa pemberian pembinaan dan pelatihan bagi guru, siswa dan orang tua.

 

Beasiswa Insan Mulia

Beasiswa Insan Mulia (BIM) adalah program pemberian beasiswa selama 1 tahun untuk siswa/i tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA yang berasal dari keluarga dhuafa. BIM bertujuan membentuk generasi yang berkarakter, mandiri dan berjiwa sosial, yang mana selama 1 tahun tersebut tidak hanya diberikan beasiswa. Namun juga, diberikan pembinaan berupa pengembangan diri dengan kurikulum yang dikemas sedemikian rupa untuk menunjang kemampuan siswa/i di abad 21.

Beasiswa Insan Mulia dibagi menjadi 2 lini yaitu BIM SD – SMP dan BIM SMA.

Pembinaan BIM SD – SMP, terinclude dalam Program YAKIN, yang mana ada kurikulum tambahan untuk orang tua dari penerima BIM berupa Parenting Day.

Sedangkan Pembinaan BIM SMA, memiliki kurikulum tersendiri. Adapun kurikulum tersebut adalah Mentoring Class, Literacy Class, Leadership Class, Volunteer Class dan Entrepreneurship Class. Sedangkan untuk bentuk program selama 1 tahun terdiri dari Plenary Meeting Program (PMP), Student Coorperation Program (SCP), Student Learning and Development Program (SLDP), UKM Visit, Market Day, Project Sosial, Pesantren Kilat dan Wisata Intelektual.

Saat ini, total penerima manfaat BIM sebanyak 80 orang yang tersebar di Kota Palembang

 

Sriwijaya Master Teacher

Sriwijaya Master Teacher adalah program peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga pendidik khususnya di tingkat pendidikan dasar yang berasal dari lembaga marginal maupun non marginal guna mempercepat perbaikan pendidikan melalui pelatihan keguruan dan evaluasi pembelajaran selama 3 bulan setiap akhir pekan di sekolah tempat mengajar.

SMT mulai hadir januari 2016 dengan angkatan 1 berada di kota Palembang, kemudian berlanjut lagi angkatan 2 di kota Palembang dan angkatan 3 mulai melebarkan sayap di kabupaten Ogan Ilir. Adapun kurikulum yang dipakai berupa Kelas Efektif, Kelas Kreatif dan Refleksi Kelas dengan 5 x pertemuan tatap muka. Sedangkan untuk bentuk programnya terdiri dari Studium Generale, Perkuliahan Tatap Muka dan Online, Supervisi Kelas dan Wisuda.

Saat ini, total penerima manfaat SMT sejak 2016 adalah sebesar 2.899 jiwa yang meliputi 81 guru PM Langsung, 198 guru PM tidak langsung, 80 orang tua PM tidak langsung, dan 2.540 siswa sekolah dasar PM tidak langsung.

 

Smart Ekslensia Indonesia

SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah bebas biaya, unggulan, berasrama dan akselerasi pertama di Indonesia. Diresmikan pada 29 Juli 2004 dengan lokasi terletak di Jalan Raya Parung KM 42-Bogor, Jawa Barat. Sekolah ini adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa, yang merupakan sekolah menengah setingkat SMP dan SMA khusus bagi siswa laki-laki lulusan sekolah dasar yang memiliki potensi intelektual tinggi namun memiliki keterbatasan finansial.

Kurikulum yang diterapkan di SMART merupakan kurikulum yang memadukan sistem pendidikan sekolah dan sistem pendidikan asrama. Sistem pendidikan asrama adalah sistem yang membimbing dan membina siswa agar memiliki kepribadian yang mulia, bertanggung jawab dan mandiri.

Sejak berdiri SMART memiliki tradisi meluluskan 100% lulusannya masuk di perguruan tinggi negeri (PTN) terakreditasi A (ITB, UI, UGM, UNPAD, USU, UNAND, UNDIP, UNIBRAW, UNAIR, ITS, UNHAS, UPI, UNS, STAN). Selain itu, siswa SMART banyak yang memenangi olimpiade, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional dan juga ikut aktif dalam ajang internasional.

Para Alumni dan Siswa Smart Ekslensia Indonesia asal Sumsel, angkatan 2008 : Chairul Umam Kusumah, M. Faisal Juliansyah, Tarmujik, Ari Maulana. Lalu ada Jordi Setiawan (2013), M.Yazid Habiburahman (2014).

 

Yatim Kreatif Indonesia

Program Pembinaan bagi anak-anak Yatim dan Dhuafa dan penerima beastudi bulanan DD Sumsel. Dimana pembinaan ini terbagi dalam 2 hal yaitu karakter dan life Skill. Menyiapkan anak-anak yatim dan dhuafa agar menjadi pribadi yang baik dan mempunyai skill serta mampu berkontribusi kepada masyarakat terhadap skill yang dimiliki.Anak-anak binaan di Kampus Yakin berbasis pendidikan dari SD sampai SMP.

Penerima Manfaat Yatim Kreatif Indonesia saat ini : SMA (6 Orang), SMP (15 Orang) dan SD (43 Orang). Pembinaan setiap minggu, berlangsung di Kampus Yakin yang terletak di Jalan Yudo Kampus POM IX Palembang. Dan diasuh oleh 10 orang kakak asuh dan 4 orang mentor yang melatih di bidang ekstrakurikuler.

 

Sekolah Literasi Indonesia

Merupakan model sekolah berbasis masyarakat yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem instruksional (pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah dengan kekhasan literasi yang kental. Sekolah Literasi Indonesia (SLI) saat ini berlangsung di 6 Sekolah Dasar (SD) di Kab Ogan Ilir . Tujuan Program ini adalah mengembangkan kemandirian sekolah pada 6 jenis keunggulan, yakni ;

Sistem instruksional:

  1. Kecakapan Literasi,
  2. Efektivitas Pembelajaran,
  3. Kepemimpinan Instruksional.

Budaya Sekolah:

  1. Lingkungan Belajar yang Kondusif,
  2. Pembentukan Karakter/Akhlak, dan
  3. Kepemimpinan Pendidikan

Layanan Konsultasi Pendidikan

Program ini berupa pemberian layanan pendidikan berupa pelatihan pengembangan professional guru, pelatihan bagi para siswa, dan pengembangan institusional sekolah dan Yayasan sebagai lembaga pendidikan serta memberikan bimbingan dan pembinaan kepada orang tua. Seminar, Training Motivasi, Pelatihan, Penyuluhan dan kegitan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan perbaikan kualitas pendidikan

 

Rumah Baca Insan Mulia

Gerakan mengajak masyarakat untuk kembali menggemari aktivitas membaca sebagai bagian dari budaya Literasi.  Program ini melibatkan kalangan  anak-anak, keluarga, komunitas dan kelompok lainnya serta melibatkan juga  jejaring/ komunitas yang masih dibawah naungan DDSumsell/DSIM seperti DDV, Pengelola YAKIN, Alumni SMT, Relawan Kesehatan dan lainnya. Adapun aktifitasnya antara lain Membaca ceria, bercerita, menulis, bermain peran, mendongeng, periksa kesehatan, parenting dan menonton film edukasi serta program lainnya yang bersifat insidental.

Silahkan dibagikan...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedInPrint this page

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *