Parenting Tahun Kedua dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee untuk MI Masdarul Ulum

Sabtu, (3/11) berlokasi di MI Masdarul Ulum, Ogan Ilir telah terlaksana kegiatan parenting (kelas orang tua) tahun kedua. Kegiatan parenting ini merupakan salah satu program kerja kesepakatan antara MI Masdarul Ulum dengan Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa yang akan dilaksanakan dua kali tiap tahunnya.
.
Program yang dihadiri oleh orang tua/ wali siswa serta guru-guru madrasah berjumlah sekitar 68 orang ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dan menumbuhkan motivasi agar orang tua dapat mendidik anak lebih baik lagi.
.
“Pendidikan anak itu sangat penting guna masa depannya, maka dari itu peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak merupakan hal yang esensial,” ungkap Syarwan, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya.
.
Kawan Ravika Lisa Indra sebagai trainer dalam pelatihan Mendidik Anak Sesuai Tahap Perkembangan memaparkan bahwa pendidikan akhlak atau perilaku yang utama adalah di rumah (70%). Sedangkan untuk membentuk anak dengan kecerdasan intelektual yang baik, . sekolah/madrasah berperan sebesar 70%.
.
Ahmad selaku Ketua Komite Madrasah juga menambahkan bahwa pendidikan karakter atau pendidikan akhlak adalah hal utama yang menjadi tanggungjawab orang tua dalam setiap tahap perkembangan anak.
.
“Kerap dijumpai fenomena anak yang dilarang ke sekolah karena harus membantu orang tua memetik cabai, panen tanaman lain, dan sebagainya di sekolah ini. Ketua komite pun kembali menekankan bahwa anak berhak belajar dan orang tua berkewajiban untuk mendukung dan memfasilitasi pendidikan anak,” ungkap Ahmad.
.
Usai acara diskusi, setiap siswa yang didampingi orang tua/wali mendapatkan dana bantuan pendidikan dari Shopee berupa paket alat sekolah. Paket ini diperuntukkan bagi seluruh siswa MI Masdarul Ulum yang berjumlah 83 siswa.
.
Guna memperkokoh kerjasama sekolah dan orang tua, usai parenting dibentuk komite kelas. Komite kelas adalah salah satu orang tua/ wali murid terpilih yang dapat membantu beberapa program sekolah agar semakin baik. Setiap komite kelas berkumpul menjadi staff komite yang diketuai oleh Ahmad. Program komite yang dirancang pada tahun ini adalah penghijauan yang akan dimulai pada tahun ajaran baru. Program ini bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekolah.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 views