Minimalisir Dampak Kabut Asap, DD Sumsel Bagikan 2.600 Masker

Relawan Dompet Dhuafa memberikan masker pada salah satu pengendara yang melintas.

Palembang- Kabut asap yang menyelimuti Sumatera Selatan, terutama Palembang cukup mengkhawatirkan. Tebalnya kabut asap mengancam kesehatan masyarakat khususnya gangguan pernasapan.
Guna menekan dampak kesehatan dari kabut asap ini, Dompet Dhuafa membagikan 2.600 masker secara cuma-cuma.
Pembagian masker dimulai di sekitaran Klinik Layanan Kesehatan (LKC) Dompet Dhuafa yang berada di Jalan KH. Azhari, 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang, Selasa (17/9/2019).
“Awalnya kita berencana 2.500 masker yang bakal dibagikan, tapi ada penambahan 100 masker lagi, jadi total ada 2.600 masker yang akan kita bagikan kepada warga Palembang dan pengendara kendaraan yang melintas saat pembagian masker,” jelas Supervisor LKC Dompet Dhuafa Uswatun Hasanah, Selasa (17/9/2019).
Menerjunkan lebih kurang 15 orang yang berasal dari Klinik LKC dan relawan, hari pertama telah dibagikan secara cuma-cuma sebanyak 550.
Mereka yang menerima masker mulai dari pedagang, warga Kecamatan 1 Ulu Palembang dan sekitaran, serta pengendara kendaraan.
“Setelah ini, pembagian masker gratis ini akan dilanjutkan di beberapa titik di kota Palembang,” ucapnya.

Sebut saja seperti Simpang Sungki Kertapati, Simpang Kayuagung Plaju, Simpang Naga Swidak, Simpang Stasiun Kertapati, Tugu KB Kecamatan Seberang Ulu I, sekolah-sekolah (binaan Promkes dan pendidikan), seperti NU, Darul Aitam, Azzariyah, Adz Zahir, An Nuur dan Darussalam.
Selain itu, Dompet Dhuafa juga membuka pos layanan sehat kabut asap atau safe house di LKC Dompet Dhuafa yang berada di Jalan KH. Azhari, 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang.
Tak hanya itu saja, dalam waktu dekat Dompet Dhuafa juga akan menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis buat warga Desa Talang Buluh, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.
Dipilihnya Desa Talang Buluh, karena dari informasi yang didapat, kabut asap terbilang sangat pekat. Terakhir, meski masih diduga, DD Sumsel mendengar ada bayi yang meninggal dunia akibat kabut asap.
“Kita masih belum menentukan jadwal dan tempatnya, tapi mudah-mudahan bisa digelar Sabtu ini (21/9/2019),” ucapnya. (Zal)

Posted in Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *