Menjaga Ulama, Menjaga Persatuan Indonesia


.
Allah dengan hikmah dan keadilan-Nya yang sempurna memuliakan sebagian hamba-Nya. Di antara sebab Allah memuliakan hamba-Nya adalah ilmu, amal, kesabaran, keikhlasan, dan keimanan. Oleh karena itulah, Allah memuliakan para ulama, yaitu orang-orang yang berilmu tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman sahabat g, serta mengamalkannya.
.
Rasulullah n bersabda tentang keutamaan mereka:
إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا، إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
“Para ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham (harta). Mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya sungguh dia telah mengambil bagian yang banyak (menguntungkan).” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud. Asy-Syaikh Al-Albani mengatakan sanadnya hasan dalam Shahih at-Targhib wat Tarhib 1/139)
.
Ulama juga sangat berperan penting dalam merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI, semangat kesatuan dan nasionalisme tetap dijunjung tinggi. Persatuan tetap terjaga meskipun terdapat berbagai suku dan identitas golongan.
.
Ulama mesti dijaga, siapapun dia, apapun mahdzabnya. Menjaga ulama sama dengan menjaga bangsa. Karena ulama terbukti menjadi penjaga ampuh ketahanan bangsa. Selain itu ummat juga penting dan berani mendorong ulama agar terus berada pada koridor penjagaan bangsa. Perbedaan pendapat keagamaan tidak seharusnya berlanjut pada gesekan berbangsa.
.
Peran Ulama
Ulama merupakan benteng kesatuan bangsa. Ulama selalu menunjukkan dedikasinya kepada bangsa melalui pengorbanan segalanya, termasuk nyawa. Azra (2005) mengungkap sejumlah contoh perjuangan para ulama dalam melawan penjajah.
.
Disebutlah contoh Syekh Yusuf al-Maqassari (1627-1629M). Ulama terkenal ini bukan hanya mengajar dan menulis kitab-kitab keagamaan, tetapi juga memimpin pasukan melawan penjajah. Tahun 1683, setelah tertangkapnya Sultan Ageng Tirtayasa, Syekh Yusuf memimpin sekitar 4.000 pasukan di hampir seluruh Jawa Barat. Syekh Yusuf berhasil ditangkap dan dibuang ke Srilanka dan Afrika Selatan. Beliau justru berhasil mengembangkan Islam dengan mengajar dan menulis hingga wafatnya.
.
Ulama dalam mengisi kemerdekaan juga berperan menguatkan spiritualitas anak bangsa. Tidak sedikit pula ulama yang berisisan perannya juga menjadi menteri, dosen, politisi, dan lainnya.
.
Ulama adalah pewaris para Nabi. Karenanya ajaran tetap terjaga dan terus tersebarkan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargau jasa pahlawan, termasuk kiranya adalah jasa ulama. Saatnya ulama diposisikan sentral dalam komponen stratagis kehidupan berbangsa dan bernegara.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

29 views