Mencetak Jiwa Relawan Melalui Internasional Volunteer and Anti-Corruption Camp


.
Setelah menunaikan Shalat Jumat, Internasional Volunteer and Anti-Corruption Camp resmi dibuka. Kegiatan yang diinisiasi sebagai bentuk memperingati Hari Relawan dan Hari Anti-Korupsi tersebut, hadir berkat kolaborasi Pusat Belajar Anti-Korupsi Dompet Dhuafa (PBAK) dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). Gelaran tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kampanye Humanesia Dompet Dhuafa. Dihadiri oleh 240 peserta dari berbagai wilayah Indonesia, pada Jumat (7/12/2018), gelaran tersebut resmi dibuka.
.
Bertempat di Vila Melati Putih, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Andriansyah, selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Barat, dan juga Arif R. Haryono, selaku General Manager (GM) Dompet Dhuafa Pendidikan, memberikan sambutannya. Menurut beliau berdua, ada dua kelebihan yang dimiliki Dompet Dhuafa: modal sosial dan kerelawanan.
.
Dompet Dhuafa dengan motto kerja “Semakin memberi maka semakin berkah” dapat terlihat di jiwa relawan-relawannya, yang di mana bergerak untuk kepentingan atau kebahagiaan masyarakat menyeluruh, tidak hanya sepihak saja. Andriansyah menyebut relawan dengan istilah agent of change.
.
“Relawan merupakan agent of change. Karena diamanahkan atau dipercaya masyarakat dalam memberikan perubahan yang berdampak baik kepada masyarakat,” ujar Andriansyah.
.
Arif menambahkan, kalau para relawan ini tidak digerakan oleh sekedar tujuan-tujuan rendah yang berupa materi. Relawan bergerak karena dedikasi yang tinggi untuk membantu kemanusiaan dalam sektor apa pun.
.
“Para relawan kemanusiaan bertindak untuk kepentingan orang lain. Kepentingan kemanusiaan. Dengan meluangkan waktu dan tenaga mereka, yang bertujuan dapat membantu dan memberikan dampak positif ke masyarakat secara ikhlas, tanpa pamrih,” jelas Arif.
.
Lebih jauh lagi, dalam kedua sambutan tersebut juga dipaparkan pentingnya semangat kerelawanan. Semangat tersebut dapat terlihat betapa besarnya perhatian mereka terhadap masalah-masalah yang ada di masyarakat, dan mereka akan berusaha untuk mencarikan solusi. Memang usia muda adalah usia yang produktif, tapi bukan berarti orang-orang yang tidak lagi di usia produktif tidak memiliki semangat kerelawan. Sejauh mereka memiliki semangat, mereka akan menjadi relawan yang hebat, dan agent of change yang kuat.
.
Dompet Dhuafa sangat beruntung memiliki relawan-relawan yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer, sebagai kepanjangan untuk menyebarluaskan semangat-semangat kerelawanan tersebut. Dalam agenda ini, DDV Sumsel sendiri mengirimkan 20 perwakilannya untuk mengikuti agenda tersebut.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

141 views