LKC Dompet Dhuafa Sumsel Giat Laksanakan Serangkaian Kegiatan Kesehatan

Serangkaian kegiatan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan turut dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional yang resmi diperingati pada tanggal 12 November 2020 dan bersamaan dengan peringatan Milad LKC ke-19.

Adapun serangkaian kegiatan ini dilakukan sebagian besar oleh tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) DD Sumsel berkolaborasi dengan para relawan yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dan melibatkan berbagai pihak lainnya yakni Palang Merah Indonesia (PMI) kota Palembang, Pihak Pondok Pesantren Kiai Marogan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Kegiatan Pertama, Donor Darah yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 November 2020 bertempat di klinik LKC, 7 Ulu. Dengan mengusung tema “Setetes Darahmu Selamatkan Sejuta Jiwa”, kegiatan ini berlangsung dengan lancar dengan turut didukung langsung oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang dalam memberikan pelayanan kepada calon pendonor. Dari 35 calon pendonor yang hadir, ada 21 orang pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya. Meski secara jumlah masih terbilang sedikit, sebanyak 21 kantong darah terkumpul, namun ini sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini juga sejalan dengan adanya gerakan DDV secara nasional dalam program “Gerakan 1000 Kantong Darah” sebagai bentuk aksi berbagi kebaikan di masa pandemi #1Hari1Kebaikan.

Kedua, serangkaian kegiatan kesehatan dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan edukasi kesehatan kepada santri/santriwati Pondok Pesantren Kiai Marogan Palembang. Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 23 November 2020 ini menghadirkan dr. Rini, dokter umum LKC Dompet Dhuafa Sumsel, dalam memberikan edukasi kesehatan utamanya mengenai Covid kepada 55 orang santri yang hadir. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan ke-tiga berupa WEBINAR LKC DD Sumsel yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2020. Kegiatan yang mengangkat tema “Indonesia Sehat dimulai dari Keluarga” berkolaborasi dengan dokter-dokter dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebagai pemateri dalam WEBINAR ini. Materi pertama mengenai “Pentingnya Kesadaran Menjaga Kesehatan Diri dan Keluarga, serta Kajian Stunting” disampaikan oleh dr. Julius Anzar, Sp.A, seorang konsultan nutrisi dan penyakit metabolik anak. Materi terakhir bertemakan “Pentingnya Stimulasi Sensori Motorik untuk Perkembangan Optimal Anak” disampaikan oleh dr. Putri Zalika Kesuma, M.Pd. Ked., seorang dosen, diploma montessori, praktisi neuroparenting anak.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *