Launching Pos Sehat Bintang dan Pelayanan Kesehatan di Desa Sukabumi, OKUT


.
Masyarakat sekitar Desa Sukabumi, Kec. Cempaka, OKU Timur berduyun-duyun mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Layanan Kesehatan Cuma-Cuma yang dimulai pukul 09.30 pada Rabu (29/11).
.
Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara dari Launching Pos Sehat Bintang, dimana dalam aktivitasnya juga melibatkan para kader pos sehat dan beberapa tenaga kesehatan dari puskesmas setempat. Dalam kegiatan ini juga warga diberikan pelayanan untuk memeriksakan kesehatan mereka.
.
Bertempat di Pos Sehat Bintang masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan. Tidak banyak syarat yang dibutuhkan, langsung mendaftar dengan membawa Kartu Kelurga, antri, diperiksa dan mendapatkan obat.
.
Kegiatan pelayanan kesehatan ini, terbagi menjadi 3 pelayanan yakni ALS (Aksi Layan Sehat) yang meliputi pemeriksaan kesehatan umum, cek darah, dan lainnya.
.
“Kita menargetkan sebanyak mungkin penerima manfaat yang dapat terlayani untuk memeriksakan kesehatan mereka,” ujar Supervisor Klinik LKC.
.
ALS ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ataupun garis besar dari trend penyakit yang ada di wilayah Pos Sehat Bintang dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum khususnya para Lansia.
.
Adapun dari 158 pasien yang diperiksa, ditemukan 5 penyakit yang terbanyak yang diderita oleh masyarakat sekitaran Desa Sukabumi yakni; Gangguan Muskuluskuletal, Hypertensi, Dyspepsia, penyakit kulit dan ISPA.
.
Respon positif pun datang dari Sekertaris Desa setempat. Meski tak ada keluhan yang berarti ia tetap memanfaatkan kegiatan pengobatan ini untuk menjaga kesehatan. “Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dompet Dhuafa Sumsel yang telah memilih daerah Keramasan khususnya di Desa kami, sehingga kegiatan ini mempermudah akses kesehatan bagi warga setempat,” ungkapnya.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 views