Launching DD Farm Sentra Ternak Dompet Dhuafa Sumsel, Satu Langkah Ke Depan Pengembangan Zakat Produktif

Sabtu (09/04/2021) bertempat di DD Farm SentraTernak Sumatera Selatan, Desa Rejodadi, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, DD Sumsel menggelar launching DD Farm program Sentra Ternak Dompet Dhuafa Sumsel.

Launching dengan peresmian langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Bpk H. Herman  Deru, S.H., M.M., dan Bupati Banyuasin, Bpk. H. Askolani, S.H., M.H., serta Wakil Bupati Banyuasin, Bpk H. Slamet Somosentono, S.H. Kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan adanya kehadiran Ibu Camat Sembawa, Nurlela; Kepala Desa Rejodadi, Ishak Juaria, dan perangkat desa; FOZ Sumsel; Kementerian Agama; DISBUNAK; dan sejumlah tokoh penting lainnya.

“Bahwa hari ini saya meresmikan DD Farm Sumsel, mengingatkan kita untuk para muzakki dimana uang mereka yang disalurkan tidak hanya terdiam di deposito atau di kas perbankan, namun dikembangbiakkan membuat sentra ternak yang mampu membantu menyatukan para muzakki dan mustahik dalam satu hal ini, DD Farm Sumsel mampu menjawab hal itu.”, ungkap Gubernur Sumsel, H. Herman Deru.

Kegiatan ini menjadi momen ‘one step forward’ atau satu langkah ke depan dalam dunia pengembangan zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.

“Dengan usia Dompet Dhuafa yang kini telah memasuki usia 28 tahun, Dompet Dhuafa Sumsel berharap menjadi bagian penting dalam masyarakat terutama memberikan kontribusi besar dalam membangun masyarakat berdaya dengan akan dibukanya DD Farm ini di Sumatera Selatan”, ungkap Kusworo Nursidik, Pimpinan Cabang DD Sumsel.

Sentra Ternak Dompet Dhuafa sendiri adalah kawasan peternakan modern yang terintegrasi, sebagai salah satu bentuk implementasi zakat produktif berkat amanah kebaikan para donaturnya, dengan kapasitas 1.000 ekor kambing. Dengan adanya Sentra Ternak ini, tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik dari masyarakat sekitar.

.

Pada tahun 2020, tercatat Dompet Dhuafa sendiri mendistribusikan sebanyak 42.000 ekor hewan kurban setara domba dan kambing (doka) dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) yang disebar ke berbagai daerah. Ke depannya di tahun ini, Dompet Dhuafa Sumsel dengan hadirnya sentra ternak ini ditargetkan mampu menebar 1.000 ekor hewan kurban setara doka sehingga sebaran manfaat kurban yang dirasakan mutahik hingga peternak lokal akan semakin luas.

.

Selain itu, Sentra Ternak Dompet Dhuafa Sumsel ini dapat menjadi percontohan peternakan profesional dan dapat memberikan social impact kepada masyarakat. Ke depannya sentra ternak DD Sumsel memungkinkan keterlibatan lebih lebar bagi masyarakat untuk ikut serta dalam pengembangan Sentra Ternak Dompet Dhuafa Sumsel.

.

DD Farm sendiri menjadi pilot project dalam program Sentra Ternak Dompet Dhuafa. Dalam pengembangannya juga, sentra ternak Sumsel akan mengaplikasikan konsep peternakan yang modern dengan mengintegrasikan proses perawatan ternak yang sustainable, memproduksi pupuk, pakan, hingga tanaman pangan, dalam ekosistem ternaknya, serta DD Farm juga akan menjadi Edu Farm, tempat belajar beternak bagi siapapun.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *