Kisah Soleh, Pasien Klinik LKC yang Berkurban Kambing Berkat Sedekah Kurban

Perwakilan Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel menyerahkan paket Berbagi Kurban Berkah kepada Soleh.

Palembang-Selain nenek Nurhatika Syam (Oppung) dan nenek Nurma, Soleh warga Kelurahan 2 Ulu, Kecamatan 2 Ulu, Palembang, juga adalah penerima Program ‘Sedekah Kurban’ dari Dompet Dhuafa Sumsel.
Pria berusia 28 tahun ini, pada Idul Adha 1441 Hijriah tadi, berkurban satu ekor kambing atas namanya, dari donasi yang dikumpulkan Dompet Dhuafa Sumsel dari donatur.
Soleh, adalah pasien atau member dhuafa di klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sumsel. Soleh menderita Tuberkolosis (TB) kambuhan.
“Dia tinggal berdua bersama ayahnya, sementara ibunya tinggal di Serang, Banten,” ungkap Siti Rohani, Perawat Umum Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel, Kamis (6/8/2020).
Soleh yang menderita TB, kini harus terus mengonsumsi obat selama 9 bulan terakhir. Pada dua bulan pertama, saat ia didiagnosa menderita TB, Soleh harus disuntik setiap hari dan mengonsumsi obat TB.
“Tiga bulan ia mengonsumsi obat TB, dan di bulan keempat, tidak lagi setiap hari. Tapi, seminggu cukup tiga kali mengonsumsi obat TB,” jelas perempuan berhijab, yang kerap disapa Nay ini.
Kondisi tubuh Soleh juga berangsur membaik. Jika saat pertama kali memeriksakan diri ke Klinik LKC, berat badan Soleh 35 kg, kini justru naik menjadi 40 kg.
Hal itu membuktikan jika kondisi tubuhnya membaik, penyakitnya tidak mengerogoti tubuhnya. Tidak seperti penderita TB pada umumnya yang berat badannya justru menurun.
Kendati begitu, Soleh tetap belum bisa bekerja seperti orang pada umumnya. Ia bertahan hidup dari saudara kandungnya dan pemberian tetangga.
“Biaya BPJS setiap bulan, kakak kandungnya yang membayar,” ucapnya.
Soleh, menjadi salah satu dari tiga nama penerima program ‘Sedekah Kurban’. Pada Idul Adha 1441 Hijriah tadi, Soleh berkurban satu ekor kambing dari donasi yang terkumpul.
Tim penyalur daging kurban, telah memotong dan membantu Soleh untuk membagikan daging kurban pada dhuafa lainnya.
Staf Klinik LKC pun, beberapa waktu lalu, juga sudah menyerahkan beberapa potong daging kurban atas namanya kepada Soleh sendiri. Tim pun, telah menyampaikan amanah dari donatur, berupa Paket Berbagi Kurban Berkah (BKB) yang berisikan bahan sembako dan pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, susu, sarden, mie dan lain sebagainya.
“Soleh melalui kami, berpesan kepada donatur, terimakasih telah membantunya untuk berkurban, begitu pun ucapan terimakasih atas paket BKB yang ia terima. Buat Dompet Dhuafa Sumsel dan Klinik LKC pun, ia sampaikan terimakasihnya,” ucap Nay. zal

Posted in Kesehatan, Kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *