Keseruan Kampanye Edukasi CTPS di SD IT Lan Tabur OKU Timur


.
Masih dalam rangkaian melakukan roadshow Dompet Dhuafa (DD) Sumsel di OKU Timur. Setelah sebelumnya Tim DD Sumsel melakukan pengukuran performa sekolah di SD IT Lan Tabur Desa Purwodadi, OKU Timur, kali ini disekolah yang sama DD Sumsel juga mengkampayekan sehatnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam kehidupan sehari-hari pada seluruh murid, Senin (4/2).
.
Kehadiran tim kesehatan DD Sumsel ke SD IT Lan Tabur ini disambut antusias oleh para siswa yang nampak sangat semangat menikmati rangkaian kampanye seru yang sudah di kemas oleh tim.
.
Dalam kampanye ini, tim melakukan edukasi tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun, kemudian diadakan juga demonstrasinya, dan diakhiri dengan cuci tangan massal bersama siswa-siswi tersebut.
.
“Kampanye kita dilakukan semenarik mungkin untuk membuat siswa tidak bosan namun tetap tujuan dari kampanye ini tersampaikan. Salah satu kampanyenya kami berusaha menyampaikan kampanye melalui games, yakni games ular tangga yang sudah di modifikasi semenarik mungkin berisikan muatan edukasi CTPS,” Papar Ajeng Triani, selaku Pendamping Program Kesehatan DD Sumsel yang ikut hadir dalam agenda tersebut.
.
Dalam agenda ini juga diadakan cap tangan bersama siswa-siswi SD/MI sebagai tanda dukungan mereka mendukung gerakan CTPS.
.
“Dengan kampanye aksi CTPS yang kita lakukan di sekolah ini, maksud mengajak anak-anak untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir, mencuci tangan ini hal sepele yang terkadang lupa dilakukan,” kata Ajeng.
.
Cuci tangan sedunia pakai sabun yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit. Menurut penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical mengungkapkan, mencuci tangan pakai sabun merupakan tindakan preventif paling sederhana yang dapat dilakukan kita semua. Dari anak kecil hingga orang tua. Empat puluh tujuh persen kematian akibat diare dapat ditekan dengan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun.
.
Dompet Dhuafa (DD) Sumsel merupakan salah satu yang aktif dalam mengkapmpa yekan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam kehidupan sehari-hari. pada tahun 2018 lalu bahkan DD Sumsel melakukan roadshow edukasi CTPS ke beberapa SD/MI di kota Palembang dan Sumsel.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

76 views