Kepercayaan Masyarakat Meningkat, Amanah yang Dipikul DD Sumsel Semakin Besar

Pimcab DD Sumsel Kusworo Nursidik, Lc

Palembang-Kepercayaan masyarakat Sumatera Selatan pada Dompet Dhuafa Sumsel terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu terbukti dengan terus bertambahnya perhimpunan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF).
Pada tahun 2019, DD Sumsel mendapatkan amanah dari masyarakat Sumsel dengan total Rp4,5 miliar, dari zakat, infak, sedekah ataupun wakaf. Perhimpunan ini, 28 persen lebih besar dari tahun sebelumnya.
“Semua yang terkumpul kita salurkan ke kaum dhuafa lewat beberapa program, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, dakwah dan sosial, dan lain sebagainya,” ucap Pimpinan Cabang (Pimcab) Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik, Lc beberapa waktu lalu.
Dibidang pendidikan, Dompet Dhuafa Sumsel seperti diketahui mempunyai Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), yang mempunyai member 4.500 dhuafa.
“Klinik LKC menerapkan sistem tanpa kasir, karena semua layanan kesehatan yang diterima dhuafa gratis. Semua didanai dari zakat masyarakat yang terkumpul tadi,” ucapnya.
Di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa Sumsel menyalurkannya dalam bentuk Beasiswa Insan Madani, Beasiswa Cahaya Pintar, program perdampingan berbasis dhuafa dalam meningkatkan manajemen pendidikan dan masih banyak program lainnya.
“Sosial dan Dakwah, DD Sumsel melakukan respon cepat banjir di Lahat, sebelumnya dimana-mana, respon DMC Pusat membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan, termasuk bencana di di Palu, Lombok, Lampung dan lain sebagainya,” jelasnya.
Sementara untuk dakwah, DD Sumsel mempunyai Rumah Qur’an Yatim Dhuafa yang berada di Seberang Ulu 2 Palembang. Rumah Qur’an ini mempunyai santri lebih kurang 78 santri.
“Kita juga ada mobil jenazah, untuk membantu layanan antar jenazah tanpa dipunggut biaya, pelatihan pemulasaran jenazah, program kajian berkantoran dan pelatihan-pelatihan dakwah lainnya,” ungkap ustadz Kusworo.
Di bidang ekonomi, DD Sumsel juga punya banyak program untuk memberdayakan  masyarakat kecil.
“Kami melakukan program ekonomi, dengan cara membantu mengembangkan potensi ekonomi kaum dhuafa, sehingga mustahik ini bisa menjadi muzakki,” jelasnya.
Dompet Dhuafa Sumsel berharap, kedepan Ziswaf yang terkumpul terus meningkat sehingga semakin banyak kaum dhuafa yang terbantukan. zal

Posted in Kemanusiaan, Pemberdayaan Dhuafa, Zakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *