Jeans: Antara Seni dan Charity


.
Mungkinkah sebuah fashion yang terdiri dari pakaian, celana, sepatu dan lain sebagainya, mampu melampaui fungsinya sebagai alat untuk menutupi dan juga pernak-pernik tubuh? Mungkinkah orang-orang yang ada di balik dunia fashion, baik itu sang produsen, distributor atau sebut saja desainer mampu membimbing fashion ke sesuatu hal yang baru? Sebagaimana yang sering digaung-gaungkan di zaman modern sekarang, identik dengan penemuan, inovasi, kreasi, pembaharuan.

Mungkin inilah yang menjadi salah satu gejolak yang dirasakan oleh pihak Standar Denim Supply Co dan Nudie Jeans menggaet Dompet Dhuafa dalam pelucuran program terbarunya di Ramadhan ini. Mengambil tempat di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada Senin (6/5/2019), Nudie Jeans Charity Program diperkenalkan ke publik. Turut hadir dalam peluncuran yakni Marcel Lukman, selaku President Director of 707, Bryce Alton, CEO of Nudie Jeans Australisia, dan Sulis Tiqomah, selaku Manager of Strategic Corporate Partnership Dompet Dhuafa Filantropi.

Marcel Lukman selaku President Director of 707 Company mengutarakan Nudie Jeans Charity Program dicanangkan dari tanggal 6 Mei hingga 26 Mei 2019. Setiap pembelian satu potong jeans di seluruh Standar Denim Supply Co., maka secara tidak langsung konsumen sudah berdonasi sebesar Rp. 200.000,-.

“Kita berpikir dari pada kita hura-hura dan bikin pesta, lebih baik memberi dan berbagi. Kami memilih Dompet Dhuafa sebagai mitra karena kita tidak mau menyumbang ke pihak yang salah. Kita juga mencari partner yang solid dan terpercaya. Kemudian Dompet Dhuafa sudah mempunyai rekam jejak yang jelas untuk semua itu,” ujar Marcel.

Di hari yang sama juga diadakan pelelangan salah satu jeans koleksi pribadi dari Bryce Alton, CEO of Nudie Jeans Australisia. Ada tiga jeans yang dilelang. Jeans pertama dilelang sebesar Rp. 2.200.000, kedua Rp. 3.000.000, dan jeans terakhir sebesar Rp. 10.000.000. Lalu pada tanggal 13 Mei nanti, pelelangan kedua akan dilakukan secara online di instagram Standar Denim Supply Co. Kemudian akumulasi donasi dari semua penjualan akan didonasikan melalui Dompet Dhuafa langsung pada 26 Mei mendatang.

“Kami mengapresiasi apa yang diinisiasi oleh Standar Denim Supply Co dan Nudie Jeans. Karena sejalan dengan kampanye kebaikan kami yakni Jangan Takut Berbagi. Terutama di Bulan Ramadhan, mari kita sebarkan semangat Jangan Takut Berbagi. Salah satunya dengan berbelanja di sini dan akan memberikan donasi bagi kawan-kawan yang masih membutuhkan bantuan (dhuafa),” ujar Sulis Tiqomah.

Nantinya donasi yang diterima akan disalurkan ke dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat Dompet Dhuafa yakni dari pendidikan, ekonomi, dakwah dan sosial budaya.

Mungkin hal-hal semacam ini bukanlah barang baru. Menjual barang atau melelang fashion lalu menyisihkan sebagiannya untuk amal. Sudah banyak di luar sana yang menginisiasi kegiatan tersebut. Bahkan ketika tulisan ini dimuat, mungkin saja ada pihak di luar sana yang sedang melakukan proyek amal serupa. Namun ada hal menarik yang bisa dipetik. Bahwa produsen, distributor atau pegiat fashion bisa juga turut andil dalam membantu masyarakat dhuafa. Sekaligus bertepatan hari pertama puasa, akan menjadi ajakan atau kalau boleh secara gamblang menggunakan istilah menantang siapa pun di luar sana, baik sesama pegiat fashion atau pun bukan. Mari bersama-sama memaknai Bulan Suci dengan berbagi. Karena banyak manfaat yang diperoleh dengan berbagi. Kalau bisa, tidak hanya di Ramadhan saja semangat untuk berbaginya. Melainkan terus mengalir selamanya.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 views