Dompet Dhuafa Siap Lampaui Kesehatan Semesta 2019

Mengawali 2019, optimis yang tinggi ditunjukkan oleh divisi kesehatan Dompet Dhuafa. Kali ini, Dompet Dhuafa siap melampaui Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) yang tertuang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Kesehatan yang dilaksanakan di Hotel Swiss-Bellinn Jakarta Selatan, pada 11-12 Februari 2018.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Kesiapan Layanan Kesehatan Cuma–cuma (LKC) dan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa, Menghadapi Pelayanan Kesehatan Semesta (UHC)”.

“Ini adalah upaya kami untuk berusaha memberikan yang belum dimaksimalkan oleh pemerintah. Sehingga ada sinergi antara Dompet Dhuafa dan pemerintah,” tutur dr. Rosita Rivai, selaku General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa.

Lanjutnya, Rosita Rivai mengatakan bahwa ini dilakukan karena menurutnya, UHC yang digadang bergulir di 2019, dapat menggapai dengan mudah bila terjalin sinergitas antara pemerintah dan lembaga non-pemerintah. Dimana dapat berjalan bersama, untuk pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

“Kenyataannya, Dompet Dhuafa sudah jauh sedari dulu mengembangkan konsep kesehatan untuk semua. Seperti yang kini dilakukan BPJS Kesehatan atau Universal Health Coverage, melalui penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah,” lanjut Rosita.

Lewat kegiatan tersebut ia optimis, Dompet Dhuafa dapat membantu pemerintah dalam bidang kesehatan. Utamanya untuk program promotif dan preventif.

Rapat kerja diikuti oleh 10 cabang Layanan Kesehatan Cuma-cuma, 10 Koordinator Nasional (Kornas) Program Unggulan, dan dua penanggung jawab Program Recovery pasca bencana. Dalam kegiatan tersebut, rencana strategis Dompet Dhuafa 2019 mengutamakan fokus pada pengembangan dan perluasan program-program. Tentunya agar dapat mencapai hasil yang optimal demi peningkatan kesejahteraan kaum duafa.

“Di 2019 adalah tahun penyesuaian agar Dompet Dhuafa Kesehatan selain dapat bernilai sosial, juga berkelanjutan dan bernilai bisnis,” tambah Rosita.

Langkah tersebut merupakan bagian dari perencanaan dan strategi program kesehatan, serta penguatan komitmen dan pengembangan tata kelola program secara lebih terarah. Dompet Dhuafa secara nasional perlu mendesain program kesehatan yang sistematik dan masif.

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

168 views